AMBONESIA

BPBD Imbau Warga Waspada Banjir dan Longsor

RakyatMaluku.comn – KEPALA Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Maluku, Habiba Salampessy, mengimbau agar masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana seperti di lereng-lereng gunung, maupun bantaran sungai untuk selalu waspada jika hujan lebat.

Sebagaimana diketahui, beberapa minggu terakhir ini, hujan lebat kerap terjadi di Kota Ambon maupun di sejumlah wilayah Maluku lainnya. Atas hal itu, mengantisipasi jangan sampai terjadi korban, Salampessy memberikan himbauan agar masyarakat selalu memantau informasi seputar perubahan cuaca yang sewaktu-waktu bisa terjadi.

“Himbauan kepada masyarakat katong nanaku jua seandainya ada informasi terkait dengan cuaca apabila akan mau terjadi hujan, apalagi daerah-daerah yang rawan seperti tanah longsor, itu sementara keluardari rumah dulu, kalau ada kebutuhan yang mendesak seperti karung atau terpal silahkan hubungi BPBD Provinsi atau kabupaten Kota. intinya BPBD siap.” Demikian disampaikan Habiba, kepada wartawan di Kota Ambon, Selasa, 22 Mei.

Yang lalu masyarakat secara langsung sudah menghubungi BPBD Provinsi, terkait dengan BPBD Kabupaten/Kota kami juga akan rapat koordinasi pada Rabu, yang masyarakat mengadu langsung kami memberikan bantuan sesuai yang dibutuhkan, pada umumnya tanggap darurat. Masih kata Salamepessy, jika ada warga yang membutuhkan bantuan tanggap darurat, maka bisa langsung menghubungi BPBD Provinsi Maluku maupun BPBD Kabupaten/Kota untuk bisa segera dibantu.

“Kebanyakannya itu minta karung sama terpal. Itu kami sudah memberikan dan kota juga sudah memberikan kepada masyarakatnya, biasanya kalau Kota sudah selesai baru ke Provinsi. Tapi biasanya ada masyarakat yang langsung ke Provinsi kita langsung membantu. seperti longsor di Tantui, masyarakat juga sudah diarahkan mengambil bantuan ke kita.”

Selain itu, untuk memaksimalkan peran serta BPBD dalam menanggulangi bencana, maka BPBD provinsi Maluku akan mengadakan rapat koordinasi dengan BPBD Kota Ambon dan Maluku Tengah pada 24 Mei mendatang. “Terkait dengan rapat ini untuk mengkoordinir Kota Ambon dan Maluku Tengah, Balai Sungai dan Balai Jalan , PU Kota Ambon dan PU Malteng dan instansi terkait BMKG, Badan SAR termasuk TNI/Polri dalam menganggulangi bencana alam,” kata dia. (YAS)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top