Uncategorized

Buaya 2 Meter Ditangkap Warga Desa Hatusua SBB

Buaya berukuran 2 meter ditangkap warga Desa Hatuasa, Kecamatan Kairatu, Kabupaten SBB, Rabu 27 Februari 2019.

SEEKOR buaya berukuran 2 meter ditangkap warga desa Hatuasa Kecamatan Kairatu Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) Provinsi Maluku, pada pukul 08.00 WIT, Rabu 27 Februari 2019.

Buaya tersebut berhasil ditangkap dalam keadaan hidup. Setalah ditangkap, warga kemudian melaporkannya perkstiwa itu kepada petugas Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Waipirit.

Kepala BKSDA Provinsi Maluku, Mukhtar Amin Ahmad, yang dikonfirmasi Rakyat Maluku mengatakan, buaya tersebut merupakan jenis buaya muara dengan panjang 2 meter. 

Binatang buas itu kini telah diamankan di Polsek Kairatu guna menghindari kerumunan masyarakat yang mulai tambah banyak.

Berdasarkan keterangan yang dihimpun petugas BKSDA dari Anes Tuhuteru salah satu warga desa Hatusua mengatakan, buaya muara itu awalnya muncul di permukaan laut perairan laut desa Hatusua sejak satu bulan lalu.

“Buaya tersebut diduga sering memangsa ayam peliharaan warga. Warga desa setempat resah sejak munculnya hewan predator itu, karena dinilai menjadi ancaman tersendiri bagi keselamatan nyawa warga,” ujar Mukhtar.

Lantaran resah, warga kemudian berinisiatif untuk membuat jerat berupa tasi guna guna menangkap buaya tersebut. 

Kini petugas BKSDA Maluku, Taman Nasional (TN) Manusela dan Polsek Kairatu telah mengamankan satwa tersebut dan dibawa ke Kota Ambon  untuk dulakukan treatment berupa pengobatan terhadap luka dada mulut buaya itu.

“Rencananya buaya tersebut akan dilepasliarkan ke habitatnya di Sungai Sapalewa di Desa Wahai, Kecamatan Seram Utara Kabupaten Maluku Tengah,” tandasnya. (R1)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top