ADVETORIAL

Bupati Hanubun: Wujudkan Renstra Yang Tepat Guna

Bupati Malra Hi. M.Thaher Hanubun tengah foto bersama peserta Bimtek Renstra PD.(Jufri Suat)

Dari Pembukaan Bimtek Penyusunan Renstra  Tahun 2019-2023 Di Malra

Bupati Kabupaten Maluku Tenggara Hi.M.Thaher Hanubun meminta agar tujuan pelaksanaan penyusunan rencana strategis daerah sesuai dengan tujuan guna mewujudkan perencanaan pembangunan daerah yang tepat sesuai proses dan tepat guna, sebagai bagian yang satu dan tidak terpisahkan, dengan tujuan dan sasaran sesuai pembangunan di level pemerintah provinsi maupun pusat.

“Untuk penyamaan persepsi dan memberikan pemahaman terhadap berbagai peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan perencanaan pembangunan nasional dan daerah yang penting dan strategis dalam rangka membangun sistem kerja pelayanan publik,” demikian dikatakan Bupati Hanubun saat membuka acara Orientasi Bimbingan Teknis Penyusunan Rencana Startegis Perangkat Daerah (Renstra PD) tahun 2019 – 2023,  di Kimson Hotel, Langgur, Jumat, (18/1/2019).

“Ini merupakan sebuah tahapan wajib dalam penyusunan Renstra Perangkat Daerah, sebagairnana diamanatkan dalam Permendagri, Nomor 86 Tahun 2017,” ujar mantan politisi di DPRD Maluku, itu.

Bupati Hanubun menjelaskan, Permendagri dimaksud juga bertujuan untuk penyamaan persepsi dan memberikan pemahaman terhadap berbagai peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan perencanaan pembangunan nasional dan daerah.

“Tujuan tersebut dimaksudkan guna mewujudkan perencanaan pembangunan daerah yang tepat proses dan tepat guna, sebagai bagian yang satu dan tidak terpisahkan, dengan tujuan dan sasaran pembangunan di level pemerintah provinsi maupun pusat,” ujar Hanubun.

Dikatakan, perencanaan di tingkat daerah, kabupaten/kota harus selaras dan harmonis dengan tujuan pembangunan nasional yang secara holistik dan terintegritas secara sinergis, mengupayakan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di seluruh wilayah NKRI lebih khusus di Malra.

Dalam aspek regulasi, lanjut Hanubun, perubahan lingkungan yang terjadi terus-menerus mengakibatkan regulasi juga mengalami penyesuaian-penyesuaian. Hal ini berarti pemerintah daerah dituntut juga untuk mampu untuk menyesuaikan diri, selain terhadap lingkungannya, juga terhadap regulasinya. 

“Terkait aspek isu dan prioritas pembangunan, dokumen Renstra disusun harus mampu mengakomodir isu dan prioritas pembangunan, baik di tingkat Kabupaten Maluku Tenggara, maupun di tingkat pemerintah pusat. Yang semuanya itu ditujukan bagi perwujudan perencanaan holistik-integratif,”tandasnya.

Orang nomor satu di Malra itu menambahkan, sebagai dokumen perencanaan untuk jangka waktu lima tahunan, Renstra harus mampu melakukan forecasting terhadap isu strategis bidang urusan serta perubahan -perubahan lingkungan strategis yang terjadi di saat ini, maupun dalam lima tahun ke depan. 

“Saya berharap, Bimtek ini benar-benar dapat dioptimalkan sebagai sarana belajar dan berbagi untuk kemajuan kita bersama. Teristimewa untuk membawa Maluku Tenggara semakin maju dan berkembang. Dukungan dari teman-teman pemateri untuk membantu teman-teman di OPD, secara khusus dalam penetapan tujuan dan sasaran kinerja yang visioner dan tepat guna untuk menyelesaikan permasalahan yang ada sesuai bidang urusan masing-masing, baik di saat ini maupun di waktu-waktu mendatang,” ujarnya.(JSU)

 

Pemotongan pita oleh Kakanwil Ditjen Pajak Papua dan Maluku Wansepta Nirwanda Didampingi Bupati Malra Thaher Hanubun, dan Sekda Kota Tual Muty Matdoan. (JUFRI SUAT)

Dirjen Perpajakan Dapat Pujian, KPP Mikro Diminta Agar Optimal

PEMERINTAH  Kabupaten Maluku Tenggara,(Malra) menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh jajaran Direktorat Jenderal (Dirjen) Pajak Papua dan Maluku, lebih khusus jajaran Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsumsi Perpajakan Tual yang sekian lama telah mengabdikan diri untuk melayani masyarakat maupun institusi wajib pajak di Kabupaten Maluku Tenggara dan Kota Tual. 

Demikian disampaikan Bupati Malra Hi. Muhammad Thaher Hanubun, dalam sambutannya, saat Pengresmian Kantor Pelayanan Pajak Mikro Tual dan Kab Malra oleh Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jendenal Pajak Papua dan Maluku Wansepta Nirwanda, di Tual, (16/1/19).

Bupati mengatakan, upaya transformasi Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Tual, menjadi Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Mikro yang mulai diuji coba saat ini menjadi momentum penting bagi seluruh jajaran Direktorat Jenderal Pajak.

“Ini adalah momen penting dan langkah maju yang sudah barang tentu merupakan upaya untuk mencapai target-target penerimaan pajak negara yang lebih Iuas sehingga mampu mendorong akselerasi pembangunan bangsa dan begara lebih khusus di wilayah Malra dan Kota tual,” ungkap Hanubun.

Bupati menambahkan, untuk meningkatkan segmentasi wajib pajak sehingga dapat menjangkau sebanyak mungkin wajib pajak yang ada di Kabupaten Malra dan Kota Tual yang memiliki trend  pertumbuhan dari tahun ke tahun terus meningkat. 

“Transformasi KP2KP Tual menjadi KPP Mikro, juga meerupakan road map reformasi birokrasi dan transformasi kelembagaan di lingkungan Kementerian Keuangan RI, sekaligus merupakan bentuk reformasi perpajakan di tubuh Direktorat Jenderal Pajak, untuk mewujudkan DJP yang dapat diandalkan,” pungkas Hanubun.

Di sisi lain, lanjut Hanubun, pembentukan KPP Mikro Tual dan Malra saat ini, diharapkan juga dapat mengoptimalkan pelayanan perpajakan bagi seluruh masyarakat Malra dan Kota Tual. 

“Sangatlah penting bagi  jajaran perpajakan di deerah ini untuk mengembangkan diri dan menyesuaikan diri dengan era digitalisasi dalam Revolusi Industri 4.0, sehingga memudahkan wajib pajak dalam transaksi,”imbuhnya.

Menurut orang nomor satu di Kabupaten Malra itu, masyarakat Maluku Tenggara dan Kota Tual masih perIu menyesuaikan diri dengan kemajuan revolusi Industri, ( 4.0 ) yang semakin pesat tersebut sehingga sosialisasi menjadi hal yang sangat penting. Untuk Itu, jajaran perpajakan Malra dan Tual dapat membangun sinergi dengan pemerintah daerah untuk melaksanakan sosialisasi ini.

“Atas nama pemerintah daerah dan seluruh masyarakat Maluku Tenggara, saya menyampaikan selamat atas pengresmian Kantor Pelayanan Pajak Mikro Tual, dan selamat datang kepada Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jendenal Pajak Papua dan Maluku Wansepta Nirwanda, di Kepulauan Kei, surga yang tidak lagi tersembunyi,” tandas Hanubun.(JSU)

 

 

======================
--------------------

Berita Populer

To Top