AMBONESIA

Cegah Teroris, BNPT dan FKPT Beri Penguatan Cegah Terorisme

RakyatMaluku.com – BADAN Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bersama Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) provinsi Maluku memberikan penguatan kepada aparatur kelurahan dan desa/negeri terkait pencegahan terorisme di Maluku.

Penguatan pencegahan terorisme itu diberikan melalui kegiatan Penguatan Aparatur Kelurahan Negeri/Desa oleh BNPT bekerjasama dengan FKPT dengan tema ‘Sinergitas Upaya Pencegahan Radikalisme’ yang belangsung di hotel Pacific, Kota Ambon, Kamis 5 Juli 2018.

Kepala FKPT provinsi Maluku, H. Abdul Rahim Uluputty mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk mencegah masuknya paham-paham radikalisme dan terorisme di Kota Maluku, khususnya di Kota Ambon.Kata Uluputty, kegiatan itu melibatkan aparatur desa, Babinsa, dan Babinkamtibmas, yang nantinya diberikan modul untuk bekerjasama dengan Libi dan Kemendagri. Bagaimana cara jika mengetahui, melihat dan memantau hal-hal yang berhubungan dengan radikalisme dan terorisme, agar dapat melakukan exion.

“Aparatur desa, Babinsa, dan Babinkamtibmas ini merupakan ujung tombak dalam memerangi radikalisme,” ujar Uluputty.

Dia menilai sejak awal membangun sinergitas, BNPT tidak bisa berdiri sendiri karena yang punya rakyat itu adalah para kepala daerah. Oleh sebab itu harus ada sinergitas yang dibangun oleh pemerintah pusat lewat BNPT dengan pemerintah daerah, Provinsi maupun kabupaten/Kota.

Dikatakan, untuk mencegah radikalisme dan terorisme, dibutuhkan peran serta dari masyarakat. Untuk itu, sinergitas juga sangat penting untuk dibangun dengan masyarakat melalui pemerintah desa, dan negeri/kelurahan.

“Kita beruntung memiliki perbedaan ragam dan budaya, namun itu menjadi satu kesatuan dalam bingkai Binekha Tunggal ika. Itu yang membuat Infonesia kuat dan tidak mudah tergiur dengan faham radikalisme dan terorisme,” tandasnya. (R1)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top