GERBANG PENDIDIKAN

Dahlan Gazam: USBN Bentuk Pertanggungjawaban Diri Siswa

Kasubag TU Kementerian Agama (Kemenag) Kota Ambon, Saradju Kelrey, didampingi, Kepala MIN 2 Ambon Dahlan Gazam, saat membuka sampul USBN perdana, Kamis, 3 Mei.

Rakyatmaluku.com – KEPALA Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Ambon, Dahlan Gazam mengatakan, pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) tingkat SD/MI tahun pelajaran 2017/2018 selain sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada negara juga merupakan bentuk pertanggungjawaban diri siswa atas kemampuan, sikap dan keterampilannya baik untuk diri sendiri, orang tua dan madrasah.

Hal ini dikatakan Dahlan Gazam saat menyampaikan laporannya pada pembukaan USBN perdana di MIN 2 Ambon oleh Kasubag TU Kemenag Kota Ambon, Saradju Kelrey yang ditandai dengan pengguntingan sampul ujian serta mengisi plakat/bingkai kesan dan pesan, Kamis, 3 Mei.

Menurut Dahlan, enam tahun ditempa pada bangku pendidikan Madrasah Ibtidaiyah tentu tidak saja bekal ilmu pengetahuan tetapi pembentukan karakter menjadi bagian penting. Sehingga dengan bekal itu, kelak mereka beranjak ke jenjang pendidikan lanjutan mampu menunjukan kemampuan serta karakter yang baik.

Kesempatan itu, Dahlan juga menyemangati peserta didiknya untuk terus mempersiapkan mental, kesiapan pengetahuan dan lebih penting kesempatan karakter.”USBN bukan akhir dari rangkaian ujian. Mereka akan berada pada bangku pendidikan lanjutan yang sudah tentu wilayah kompetisinya berbeda. Maka itu, mental, karakter dan kemampuan menjadi penting,”tutur Dahlan.

Dia juga meminta pengawas dalam melakukan pengawasan selama USBN hingga Sabtu besok dapat memberikan rasa aman kepada peserta didik. Sehingga mereka termotivasi untuk menyelesaikan soal-soal ujian dengan baik dan tuntas.

Ditambahkan, jumlah peserta ujian tahun ini di MIN 2 Ambon, sebanyak 78 peserta. Mereka dibagi dalam empat ruang ujian yang langsung diawasi oleh delapan orang pengawas silang madrasah.

Sebelumnya, Kasubag TU Kemenag Kota Ambon, Saradju Kelrey dalam sambutannya meminta para siswa tetap fokus menghadapi ujian. Dia juga berpesan kepada siswa untuk selalu menjaga kondisi kesehatan dan terus belajar lebih giat.

Kesempatan itu, Kelrey juga memberikan apresiasi atas motivasi MIN 2 Ambon dalam mengawal pendidikan di madrasah menuju madrasah hebat dan bermartabat.

Turut hadir pada pembukaan sampul USBN perdana itu, Kepala MTsN Ambon, Komite sekolah serta Imam Masjid Waiheru, Ambon. (CIK)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top