GERBANG PENDIDIKAN

Dari Perayaan Idul Qurban 1439 Hijriah Di SMAN 11 Ambon

– Saleh Tio Bangga Dengan Kreatifitas Siswa

RakyatMaluku.com – TAHUN ini merupakan tahun ke-8 perayaan Idul Adha di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 11 Ambon. Ditahun ini, jumlah hewan kurban yang berhasil dikumpulkan lebih banyak jika dibandingkan dengan tahun 2017. Sebagai kegiatan rutin, setiap tahunnya keluarga besar SMAN 11 Ambon terus berpartisipasi dalam menyalurkan daging kurban kepada siswa tidak mampu maupun masyarakat dilingkungan sekitar.

Perayaan Idul Adha di SMAN 11 Ambon menjadi salah satu kegiatan pilihan dari seluruh momen keagamaan. Selain sebagai kegiatan keagamaan untuk mendorong peningkatan ketaqwaan peserta didik kepada Allah SWT, momentum ini juga betujuan menumbuhkan rasa solidaritas dan kepedulian antar sesama.Kesuksesan perayaan momentum Idul Adha ini tidak terlepas dari partisipasi seluruh pihak di SMAN 11 Ambon termasuk OSIS-nya. Atas kreatifitas yang dibangun, hajatan setahun sekali itu mendapat pujian dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku M. Saleh Tio.

Dalam sambutannya Saleh Tio mengatakan, kreatifitas yang ditunjukan siswa SMAN 11 Ambon merupakan potret pembangunan pendidikan di Maluku. Sebab, selain mendorong peningkatan kualitas mutu, karakter siswa juga dibentuk.”Inti dari makna kurban adalah melakukan perintah Allah SWT untuk membuktikan ketaqwaan. Disisi lain, adalah proses pembelajaran bagi peserta didik,”ujar Saleh Tio, Sabtu, 25 Agustus.

Kesempatan itu Saleh Tio menegaskan, tidak ada lagi toleransi bahwa pelaksanaan Ujian Nasional (UN) ditahun 2019 mendatang menggunakan kertas. Diapun berharap SMAN 11 Ambon menjadi salah satu peserta pelaksana UNBK.”Saya berikan apresiasi kepada SMAN 11 Ambon atas kerja sama komite dan orang tua sehingga nantinya ada bantuan pinjam pakai laptop untuk pelaksanaan UNBK. Ini merupakan bentuk partisipasi aktif demi mewujudkan generasi milenial Maluku kedepan,”pungkasnya.

Sementara itu Kepala SMAN 11 Ambon Drs. Hilal Wattiheluw mengungkapkan, suksesnya perayaan Idul Adha tidak terlepas dari suport dan kerja sama OSIS, Pramuka dan orang tua. Kegiatan dilaksanakan dalam rangka sama sama bertanggungjawab terhadap mutu pendidikan peserta didik dan bersama sama membentuk karakter.

Wattiheluw mengaku, jumlah hewan kurban ditahun ini sebanyak 17 ekor. Jumlah ini lebih banyak jika dibandingkan dengan tahun kemarin.

Meningkatnya jumlah hewan kurban ditahun ini menunjukan bahwa dukungan dan partisipasi serta kemauan untuk meningkatkan mutu di SMAN 11 Ambon semakin kuat.

”Selaku Kepala Sekolah dan atas nama keluarga besar SMAN 11 Ambon, ssaya ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah memberikan perhatian penuh dari waktu ke waktu sehinga program yang kita canangkan berjalan sesuai kalender di SMAN 11 Ambon,”tutur Wattiheluw.

Perayaan Idul Adha yang mengusung tema” Dengan Berkurban Kita Tingkatkan Kualitas Pendidikan Peserta Didik yang Berkarakter dan Berahlak Mulida di SMAN 11 Ambon” selain dihadiri Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku, juga dihadiri Wakil Ketua DPRD Kota Ambon Rustam Latupono, Deputi Manajer Hukum dan Humas PLN Wilayah Maluku-Maluku Utara Ramli Malawat serta kepala-kepala sekolah SMA se-Kota Ambon. (CIK)

 

======================
--------------------

Berita Populer

To Top