AMBONESIA

Debat Kedua, KPU Maluku Harap Cagub-Cawagub Fokus

RakyatMaluku.com – DEBAT  kandidat tahap kedua Calon Gubernur dan Wakil Gubernur (Cagub-Cawagub) Maluku dipastikan akan berlangsung pada Hari ini, Rabu 20 Juni 2018. Hal ini disampaikan Ketua KPU Maluku, Syamsul Rifan Kubangun, kepada Rakyat Maluku Senin (18/6/2018) melalui telpon selulernya.

Kata Syamsul, KPU Maluku sementara telah mempersiapkan teknis pelaksanaan kegiatan debat antar kandidat, termasuk soal materi dan tema debat yang berkaitan dengan pembangunan sumber daya manusia (SDM) dan pengelolaan sumberdaya alam (SDA) Maluku.

Dia menjelaskan, debat kedua ini agak berbeda dengan debat pertama. Dimana pada debat kedua ini, ada lima segmen yang disiapkan, yakni pembukaan sekaligus penyampaian visi dan misi, penajaman visi-misi yang akan ditanyakan rumusan materinya oleh para panelis, pertanyaan dari panelis, dan yang ke lima adalah debat yang akan ditutup dengan Clossing statement.

Hal lain yang akan diatur itu juga berkaitan dengan durasi waktu pada penyampaian visi dan misi para calon. Dimana pada debat pertama itu disediakan waktu tiga menit, tapi untuk debat kedua nanti, durasinya dikurangi menjadi dua menit. Kemudian juga lebih berinteraktif ke para pasangan calon.

“Jadi kalau kemarin itu bertanya dan kemudian menjawab. Ini akan disampaikan, kemudian langsung dijawab. Dan setelah itu pasangan lain diberikan kesempatan memberikan argument terkait jawaban yang disampaikan. Hal ini dilakukan agar forum debat itu lebih interaktif,” ujar Syamsul. Kata dia, agar debat nanti berkualitas, maka KPU akan mengatur tata tertib agar para kandidat untuk lebih fokus pada visi dan misi serta program yang berkaitan erat dengan tema debat yakni pembangunan SDM dan Pengelolaan SDA Maluku.

“Kita akan lebih focus ke situ sesuai tata tertib agar tidak memprovokasi dan menyerang secara personal dan juga terhindar dari berbagai isu sara maupun isu politik identitas. Kami berharap dalam debat kedua nanti, para pasangan calon dapat menyampaikan visi-misi berkaitan dengan tema debat tersebut,” tutup dia. (R1)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top