NEWS UPDATE

Diam-diam, Ketua DPRD Ambon dan Ketua Pansus ke Jakarta

RAKYATMALUKU.COM – AMBON,- Tanpa diketahui anggota Panitia Khusus (Pansus) Covid-19 lainnya, Ketua, Wakil Ketua serta Ketua Panitia Khusus (Pansus) Covid-19 DPRD Kota Ambon melancong ke Jakarta di tengah daerah ini memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) jilid II.

Menariknya, para pimpinan ini menuju Jakarta, tanpa diberitahukan kepada seluruh anggota Pansus, yang nota bene selama ini berjibaku dengan masalah Covid-19 di Kota Ambon. Mereka menuju ibu kota negara, juga tidak diikutkan para anggota Pansus.

Anggota Pansus Covid-19 DPRD Kota Ambon, Ari Saheryian, mengaku tidak tahu alasan keberangkatan Ketua Ely Toisuta, Wakil Ketua Rustam Latupono, dan Ketua Pansus Covid-19 DPRD Kota Ambon, Jhony Wattimena, beserta sejumlah pimpinan OPD lainnya.

Anehnya, perihal keberangkatan ini sempat dikonfirmasikan Ari kepada Ketua Pansus Covid-19 Jhony Wattimena, namum rekannya itu tidak mengetahui alasan keberangkatannya bersama Ketua DPRD Kota Ambon. “Banyak teman-teman Pansus yang tidak berangkat. Saya juga sudah tanyakan ke anggota Pansus lainnya perihal keberangkatan itu. Tapi mereka juga tidak tahu apa kepentingan pemberangkatan itu,” beber Ari, saat dikonfirmasi wartawan di Kantor DPRD Kota Ambon, kawasan Belakang Soya, Rabu 15 Juli 2020.

Kata dia, kerja Pansus bersifat kolektif kolegial. Sehingga, informasi apapun terkait dengan kerja Pansus, wajib diketahui oleh pimpinan maupun anggota Pansus. Sebab, ini menyangkut dengan pertanggungjawaban kepada masyarakat.

Ketua Fraksi PKB mempertanyakan rekomendasi keberangkatan. Kalau dari Ketua DPRD atau atas usulan Ketua Pansus, maka mestinya harus disampaikan kepada seluruh anggota Pansus. Bukan main membawa Ketua Pansus saja dalam keberangkatan itu.

“Minimalkan kita harus tahu urgensinya dari perjalanan tugas pimpinan Pansus seperti apa. Kemarin saya tanyakan ke Ketua Pansus, keberangkat dalam rangka apa dalam kondisi Covid-19. Tetapi pimpinan Pansus hanya sampaikan ke saya bahwa tidak tahu,” tukas dia.

Kata dia, Fraksi PKB akan tegas soal agenda kebetangkatan yang tidak beralasan itu. Sebab, Pansus punya tugas melekat pada aturan, Undang-undang juga menjamin tugas pengawasan itu. “Untuk itu, Fraksi PKB akat kritik tegas Soal keberangkatan ini,” tegas dia.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Ambon, Ely Toisuta yang dikonfirmasi rakyatmaluku.com, via ponselnya tidak menjawab. Sebaliknya, Wakil Ketua, ,Rustam Latupono. Keduanya dihubungi berulang kali namun tidak ada respon. (*)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top