HUKRIM

DPRD Minta Pemkot Ambon Tertibkan Pedangang Liar Di Mardika

RakyatMaluku.com – DEWAN Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Ambon, melalui Komisi II, mendesak instansi terkait di Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon untuk segera melakukan penertiban terhadap para pedagang yang menjadikan badan jalan dan trotoar sebagai area berdagang. Pasalnya, akibat ulah para pedagang yang kerap menjadikan badan jalan sebagai area berdagang, kemacetan di kawasan Mardika tidak dapat dihindarkan.

Padahal, area Mardika sudah dipasang pos Satpol PP, namun, terasa juga tidak efektif untuk penertiban para pedagang liar di Mardika, yang kian hari bertambah tersebut, terutama di depan Hotel Wijaya II, pintu keluar terminal A dan B, serta depan pasar Arumbai.

Ketua Komisi II DPRD kota Ambon, Jhon Mainake, mengungkapkan, sistem pengawasan oleh dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) harus meningkatkan fungsi pengawasan di areal Pasar Arumbai Mardika. Sebab, lantaran aktivitas pedangang yang berjualan pada badan jalan itu sehingga sering mengakibatkan kemacetan dikawasan tersebut.

“Tingkat kesadaran masyarakat, khususnya pedagang di pasar tersebut sangat minim. Untuk itu, setelah dilakukan penertiban, seharusnya dilanjutkan dengan pengawasan secara intens, baik dari Satpol PP maupun dengan Disperindag dalam menata pasar tersebut agar tidak mengganggu aktivitas kendaraan disana,” kemarin di ruang kerjanya.

Kembalinya pedagang yang beraktivitas di badan jalan Pasar Mardika, karena lemahnya pengawasan dari pihak terkait. Kalau setelah penertiban dilakukan dan kemudian dibiarkan begitu, maka tentu situasi tersebut akan kembali terjadi. “Agar situasi tersebut tidak kembali terjadi, maka fungsi pengawasan dari Dinas terkait dan Pol PP harus lebih ditingkatkan. Karena kita tidak bisa mengharapkan kesadaran dari para pedagang itu lahir dengan sendirinya,” tegas dia. (R1)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top