Uncategorized

Dua Nelayan SBT Yang Sempat Hilang Di Laut Ditemukan Selamat

Dia nelayan Kabupaten SBT yang sempat dikabarkan hilang ditemukan selamat, Sabtu 2 Februari 2019. (IST)

DUA orang nelayan asal Kabupaten  Seram Bagian Timur (SBT), Abu Bilahmar dan Haerudin Rumaday, yang sempat dikabarkan hilang kontak ketika melaut pada Jumat, 1 Februari 2019, telah ditemukan dalam kondisi selamat.

Mereka berdua ditemukan di perairan Kecamatan Teluk Waru, Sabtu, 2 Februari 2019, pukul 15.40 WIT. Kemudian keduanya dibawah ke Rumah Sakit Umum Bula untuk menjalani perawatan karena lemas.

”Ditemukan di seputaran Kecamatan Teluk Waru oleh salah satu kapal dari 9 armada yang dikerahkan untuk mencari dua nelayan ini,” kata Kepala Kantor  Ambon, Muslimin, kepada pers, kemarin,  Sabtu 2 Februari 2019.

Menurutnya saat kedua nelayan itu dinyatakan hilang di laut, Basarnas Ambon mengerahkan KN 235 Abimanyu hingga ke wilayah Kabupaten SBT.

“Meskipun kami belum sempat mencari, masih menuju SBT, tapi apresiasi diucapkan Pemerintah Kabupaten SBT,” tandasnya. 

Seperti diberitakan sebelumnya dua nelayan asal Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) diketahui bernama Haerudin Rumaday  (43) dan  Abu Bilahmar (42)  hilang di laut sejak Jumat 1 Februari 2019.

Dari informasi yang diperoleh rakyatmaluku.com kedua nelayan ini hilang setelah ada informasi dari keluarganya saat di telp salah satu nelayan yang hilang bahwa speed viber 20 PK yang mereka gunakan menuju ke arah Utara Kota Bula Kabupaten SBT mengalami kerusakan  yakni  putusnya tali  gas. 

Salah  satu nelayan itu menelphon istrinya pukul 23. 05 WIT, menggunakan HP menginformasikan hal tersebut, tapi beberapa saat kemudian komunikasi mereka terputus sehingga kehilangan kontak.

Bersamaan dengan kejadian tersebut angin barat daya cukup kencang dengan tinggi gelombang diperkirakan antara 1,5 hingga 3 meter.

Pihak BPBD SBT bersama Polres SBT dan warga masyarakat Bula dan sekitarnya Sabtu 2 Februari 2018, hari ini, bersiap-siap menunggu situasi laut memungkinkan guna melakukan pencarian. 

Mengenai kejadian ini Kepala  Kantor SAR Ambon, Muslimin, menjelaskan  saat ini Tim Basarnas Ambon menggerakkan Kapal KN. Abimanyu pada pukul 11.30 WIT menuju ke Kota Bula  SBT untuk membantu melakukan pencarian.  Jarak ke lokasi 243 NM dengan estimasi perjalanan 12 jam tiba di lokasi.  (AAN)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top