HUKRIM

Dugaan Korupsi Tugu Trikora Ditutup

RAKYATMALUKU.COM – AMBON,- Kejaksaan Tinggi (Kejati) Maluku resmi menutup proses penyelidikan kasus dugaan korupsi proyek pekerjaan Revitalisasi Tugu Trikora (Air Mancur dan Tugu Meriam Depan POM) milik Dinas PUPR Kota Ambon tahun 2019 sebesar Rp 897.479.400.


Penutupan tersebut, selain karena kerugian keuangan negara akibat kekurangan volume pekerjaan telah dikembalikan seluruhnya oleh pelaksana pekerjaan, dari asas manfaat pekerjaan tersebut juga telah selesai dan telah berfungsi serta dinikmati oleh masyarakat. “Setelah melalui rangkaian penyelidikan, maka tim penyelidik berkesimpulan bahwa kasus ini tidak ditingkatkan ke tahap penyidikan, dengan kata lain kasus ini ditutup,” kata Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasi Penkum) Kejati Maluku Samy Sapulette, Selasa, 15 September 2020.

Ia menjelaskan, kasus tersebut mulai dilidik oleh Tim Jaksa Penyelidik berdasarkan Surat Perintah Penyelidikan Nomor : Print-O9/Q.1/Fd.1/06/2020, tanggal 15 Juni 2020. Dari hasil penyelidikan, terdapat kekurangan volume pekerjaan yang seharusnya dikerjakan sesuai kontrak sebesar Rp 46.170.349.07. “Terhadap hasil perhitungan ahli bidang teknis dari Politeknik Negeri Ambon itu, maka pelaksana proyek dengan inisial WP telah mengembalikan seluruh kerugiannya, termasuk keuntungannya juga telah dikembalikan ke kas negara/daerah pada PT. Bank Maluku, sesuai Surat Tanda Setoran (STS) tertanggal 22 Juli 2020,” jelas Samy.

Dari aspek efisiensi, lanjut Samy, apabila penyelidikan kasus ini diteruskan dan ditingkatkan ke tahap penyidikan, maka dapat dipastikan bahwa anggaran negara yang dikeluarkan untuk penanganan perkara jauh Iebih besar dari kerugian keuangan negara yang ditimbulkan. “Apalagi dalam konteks kasus ini kerugian keuangan negara akibat kekurangan volume pekerjaan telah dikembalikan seluruhnya oleh pelaksana pekerjaan,” pungkas Samy. (RIO)


======================
--------------------

Berita Populer

To Top