ADVETORIAL

Eddy Sambuaga, Politisi Plus Pengusaha

Eddy Sambuaga saat berorasi politik di depan warga

EDDY Sambuaga merupakan politisi dan pengusaha. Dirinya pernah menjabat Ketua Dewan Penasihat Dewan Pimpinan Daerah Partai Golkar Kota Ambon pimpinan Richard Louhenapessy. 

Eddy juga merupakan politikus, pada pemilihan legislatif 2019, dia ikut berkontestasi sebagai calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia dari daerah pemilihan Provinsi Maluku.

Eddy berasal dari keluarga politikus. Ayahnya, Theo L. Sambuaga, pernah menjadi Menteri Negara Pemukiman dan Prasarana Wilayah Indonesia pada era Kabinet Reformasi Pembangunan.

Theo juga pernah menjabat sebagai Menteri Tenaga Kerja pada Kabinet Pembangunan VII tahun 1998. Dan anggota DPR/MPR RI dari Golongan Pemuda.

Eddy mengenyam pendidikan tingkat dasar hingga menengah atas di dua tempat berbeda yakni Jakarta dan Amerika Serikat. Sedangkan pendidikan tinggi S1 diselesaikan di Fakultas Teknik Elektor, di George Washington University, Amerika Serikat. Dan pendidikan tinggi S2, di Stanford University, Amerika Serikat.

Selain karir di politisi dan pendidikannya, Eddy merupakan pengusaha. Dia bekerja sebagai profesional di perusahan group Lippo dan menduduki berbagai posisi strategis sejak 2003 sampai sekarang.

Dalam pemilihan umum legislatif 2019, nama Eddy tercatat sebagai calon anggota DPD RI dari daerah pemilihan Provinsi Maluku nomor urut 26. 

Cita-cita dan optimisme besar Eddy adalah meningkatkan daya saing dan jaringan Maluku di kancah nasional maupun internasional. “Posisi Maluku sangat strategis dalam perspektif geopolitik dunia dan sumberdaya alamnya yang melimpah. Karena itu, kita harus meningkatkan daya saing dan akses ke berbagai level baik nasional maupun internasional dimasa mendatang, “ jelasnya. (ADV)

 

 

Komitmen Bangun Maluku

KALAU soal komitmen untuk Maluku, jangan ragukan lagi Edy Sambuaga calon anggota DPD RI asal Maluku nomor urut 26 ini memiliki komitmen kuat. Itu telah dibuktikan dengan mempekerjakan 90 persen tenaga anak daerah di jaringan perusahaannya.

“Ini bukan soal bagaimana, tapi harus dan ini komitmen membangun Maluku,” katanya di satu kesempatan. 

Sambuaga menegaskan jika Tuhan berkenan dan dipilih rakyat Maluku sebagai anggota DPD RI maka dirinya akan memperjuangkan kepentingan masyarakat Maluku di pusat.

Dengan pengalaman sebagai pengusaha swasta nasional, Sambuaga berjanji akan mendorong pemerintah pusat baik dari disi anggaran maupun kerjasama swasta nasional untuk menggiringnya ke Maluku.

“Ini harus dilakukan karena efeknya pada pembukaan lapangan kerja yang nyata,” jelasnya.

Sambuaga menjelaskan jika dirinya tidak membatasi spesifikasi investasi yang nantinya dibawa ke Maluku.

“Yang jelas harus ada investasi dibidang pembangunan infrasttuktur, sebab jika infrastruktur siap maka dampaknya pada peningkatan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Yang dimakaud dengan infrastruktur jelasnya, ada bermacam-macam misalnya, di bidang perhubungan.

“Kalau di bidang perhubungan misalnya kita dorong konektifitas penerbangan sehingga berdampak pada peningkatan sektor pariwisata, perdagangan dan lainnya,” jelasnya.

Atau tambahnya mendorong pembangunan pembangkit listrik agar seluruh daerah di Maluku bisa menikmati aliran listrik.

“Hal ini tidak bisa terwujud jika tidak ada komitmen,” katanya lagi.(ADV)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top