NEWS UPDATE

Elektabilitas Seodeson Tandra Tertinggi Di Ambon

soedeson tandra

SEBAGAI pendatang baru di dunia perpolitikan Maluku, sepak terjang Soedeson Tandra, Caleg DPR RI nomor urut 2 dari Partai Hanura cukup menggemparkan Maluku. 

Tandra mendapat dukungan penuh infrastruktur Partai Hanura di provinsi seribu pulau ini sehingga berpeluang besar untuk duduk sebagai anggota DPR RI dari Maluku. Selain itu, pergerakan Tandra di wilayah ini menghasilkan progres yang luar biasa. 

Croschek pemilih yang dilakukan Balitbang Rakyat Maluku akhir Maret ini di Kota Ambon, bahkan menempatkan tandra pada posisi pertama caleg DPR RI yang berpotensi dipilih oleh pemilih di ibu kota provinsi ini.

Dari 1500 responden yang disurvei pada lima kecamatan di Kota Ambon, Tandra menempati urutan petama dengan presentase tingkat keterpilihan 27,8 persen, disusul Safitri Malik dari PDI-P dan Habiba Pellu dari PKB yang sama sama berada pada tingkat keterpilihan 11, 1 persen.

Setelah itu, barulah menyusul caleg dari Partai Nasdem, Rosita Usman dan Viktor Loupati, Melky Frans dari Partai Demokrat dan Hendrik Lewerisa dari Partai Gerindra serta Mercy Barends dari PDI-P. Masing-masing mereka, tingkat keterpilihannya dibawah 10 persen di Kota Ambon.

Sementara itu, pemilih  yang belum menentukan pilihannya di Kota Ambon masih cukup banyak yaitu 16, 7 persen.

Suara Soedeson Tandra di Kota Ambon diprediksi akan merata di semua wilayah, baik di komunitas Kristen maupun di Muslim. Hal ini dikarenakan infrastruktur Partai Hanura di kota ini serius berkerja untuknya, selain itu komunitas masyarakat Tanimbar di Kota Ambon ikut memberikan kontribusi.

Selain di Kota Ambon, Tandra juga diprediksi akan meraup suara yang signifikan dari Kabupaten Kepulauan Tanimbar dan Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB). Pasalnya  Tanimbar adalah daerah asalnya, sementara SBB adalah kabupaten yang bupatinya adalah Ketua DPD Hanura Maluku.

Selain tiga wilayah di atas, Soedeson juga berpeluang mendapat suara dari kabupaten lain, baik itu, Kota Tual, Kepulauan Aru, Seram Bagian Timur, Maluku Tengah, Buru serta Buru Selatan. 

Karena semua infrastruktur Partai Hanura termasuk para caleg di tingkat kabupaten/kota bekerja untuknya. Informasi yang diterima Rakyat Maluku, Tandra menanggung biaya saksi yang mestinya menjadi tanggungan para caleg di berbagai tingkatan untuk semua wilayah Maluku sebesar Rp.1,6 miliar. 

Dengan begitu, jika dikalkulasikan, Tandra bepeluang untuk merebut kursi DPR RI pada posisi ketiga. 

Direktur  Lembaga Survey Parameter Research and Konsultindo, Edy Lapalelo yang dikonfrontir Rakyat Maluku tadi malam ikut membenarkan bahwa Soedeson Tandra mendapat dukungan yang cukup masif, baik di Kota Ambon maupun di beberapa kabupaten di provinsi ini.

”Itu memang benar, saya memang tidak bisa menyebutkan angka di sni karena lembaga survey kami belum merilis. Haislnya baru akan dilaporkan ke Jakarta. Tapi fakta yang kami temukan di lapangan juga demikian, bahwa Soedeson Tandra ini pendatang baru yang punya dukungan cukup masif di Maluku,” tandas Lapalelo.

Lapalelo menyebutkan bahwa Soedeson Tandra adalah salah satu Caleg DPR RI yang bekerja baik di lapangan dibandingkan beberap caleg yang ditemukan lembaga surveinya. 

Ditambahkan, hasil pengumpulan suara pribadi dari Soedeson Tandra cukup tinggi. ”Jadi kalau pengumpulan suara pribadi, Soedeson Tandra ini cukup tinggi. Kalau akumulasi suara partai itu khan lain lagi,” tambahnya.

Edison Lapalelo juga mengaku bahwa di lapangan infrastruktur Partai Hanura lebih cendong berkerja untuk Soedeson Tandra. Hal itu dapat dilihat dari ATK Soedeson yang menyebar merata di seluruh kabupaten/kota di Maluku. 

”Ya, mungkin karena komunikasinya yang baik, selain itu dukungan vinansial yang mumpuni, sehingga ATK Soedseson Tandra menyebar merata di semua kabupaten/kota. Ia juga didukung penuh oleh infrastruktur Partai Hanura,” akui Lapalelo. (TIM)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top