AMBONESIA

Fun Run, Tandai Gelaran Festival Musik Jalur Rempah

RakyatMaluku.com – PERTAMA kalinya di Indonesia, Provinsi Maluku menggelar Festival Musik Jalur Rempah. Sebagai awal dari kegiatan ini, pihak penyelenggara mengadakan Fun Run (Lomba Lari), yang merupakan awal rangkaian kegiatan Festival Rempah, yang akan digelar dari 11-13 Mei di Pulau Saparua.

Kadis Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Maluku, Habiba Saimima, menyatakan, kegiatan digelar pada beberapa tempat yakni Desa Hila, Hitu dan Desa Liang yang finish di Pulau Saparua. “Star dari Desa Wanath, lari berjarak lima kilo meter. Finish di Hitu, kemduiann dilanjutkan dengan open swimming di Pantai Hunimua,” ujar dia.

Peserta sendiri berjumlah 105 dari gabungan masyarakat dan TNI-Polri untuk yang lomba lari dari Wanath – Hitu. Sedankan dari Hitu – Liang, peserta 151 orang dan melibatkan atlit lari nasional.

Fun run ini juga digelar dari Desa Ouw, Desa Siri-sori. Di mana, untuk Desa Siri-sori akan berlangsung penanaman pohon cengkeh dan pala, dan dilanjutkan ke Benteng Deustede. “Pada puncak kegiatan akan diadakan lomba perahu semang yang dibuat oleh Pemkab Maluku Tengah, dan ditutup dengan gelar musik di lokasi Benteng Deustde.”

Rangkaian kegiatan festival musik jalur rempah ini merupakan bagian dari promosi Maluku ke-mata nasional dan dunia. Dan direncanakan agenda ini menjadi agenda tetap dalam kalender pariwisata Maluku. Dimana akan ditingkatkan hingga ke Pulau Banda.

“Pesan yang inggin kami sampaikan dari kegiatan ini adalah bahwa Maluku merupakan pulau rempah. Kita angkat kembali sejarahnya untuk anak cucu kita,” sebut dia, sembari melanjutkan, pemilihan daerah Hitu untuk kegiatan ini karena Desa Hitu menjadi sumber awal penghubung aktivitas ekonomi di Pusat Kota Ambon, sebagai Ibukota Provinsi Maluku. (YAS)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top