AMBONESIA

Gandeng BCA Dan Perdami, Kodam Gelar Operasi Katarak

Pangdam XVI/Patttimura, Mayjen TNI Marga Taufiq, melihat langsung kegiatan baksosoperasi katarak, Jumat, 11 Juni 2019.

KODAM  XVI/Pattimura mengelar karya bakti sosial (baksos)  berskala besar. Baksos yang dilakukan berupa operasi katarak, Jumat, 11 Juni 2019.

Dalam Baksos berskala besar ini, Kodam XVI/Pattimura bekerjasama dengan Bank Central Asia (BCA) dan Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) Cabang Maluku.

Operasi katarak diselenggarakan 11- 14 Juli 2019 di Rumah Sakit TK II Prof. Dr. J.A. Latumeten, Kota Ambon.

Ketua Perdami Cabang Maluku Dr. Umar Mardianto, Spm, mengungkapkan bahwa operasi katarak gratis akan dilakukan secara berkala sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat.

“Operasi katarak ini dapat membantu program pemerintah untuk memberantas kebutaan secara nasional 2020,” ujarnya.

Sedangkan Pimpinan Bank Central Asia (BCA) Cabang Ambon, Nelsye Tanaya,! mengungkapkan, bakti sosial ini merupakan kegiatan yang positif. Dan kehadiran BCA dalam kegiatan ini merupakan bentuk komitmen pihaknya yang tidak pernah luntur untuk selalu membantu masyarakat dalam bidang kesehatan.

“Diharapkan operasi katarak yang dilakukan oleh Kodam XVI/Pattimura bekerja sama dengan BCA dan Perdami dapat membantu,” turut Tanaya.

Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Marga Taufiq mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah bersinergi baik para dokter, pemerintah daerah, Perdami  dan  BCA.

Pangdam menegaskan, dewasa ini, semakin canggih alat-alat kesehatan namun persentase penderita katarak terus menigkat. Hal tersebut disebabkan karena tingkat kesejahteraan naik namun tidak diimbangi dengan pola kesehatan yang baik.

“Bakti Sosial Operasi mata katarak ini merupakan salah satu bentuk pelayanan kesehatan TNI dalam rangka serbuan teritorial besar-besaran Kodam XVI/Pattimura yang bertujuan untuk mengurangi beban masyarakat serta membantu penderitaan masyarakat,” terang mantan Pangdivif 2 Kostrad.

Pangdam berharap, tidak ada hanya lembaga pemerintah maupun Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melakukan kegiatan seperti ini, tapi Penggiat Aksi Sosial juga diminta turun tangan.

“Kami berharap tidak hanya datang dari kalangan dokter mata saja, tetapi juga dokter-dokter spesialis lainnya, jadikan Momentum membantu sesama, khususnya bagi masyarakat kurang mampu dan membutuhkan ini tentunya akan sangat memberikan manfaat yang besar,” tandas Mayjen TNI Marga Taufiq. (AAN)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top