NEWS UPDATE

Gempa 3.5 SR Di Ambon, Warga Panik

RakyatMaluku.com – WARGA Kota Ambon dan seki­tar­nya, dibuat panik akibat gempa yang terjadi sekira pukul 16.15 WIT. Sejumlah warga yang sementara ber­aktifitas terutama yang ber­ada di bangunan bertingkat terlihat keluar berhamburan. Kendati gem­pa ter­sebut berlangsung cu­kup cepat dan guncangan yang dirasakan tidak terlalu terasa, namun tetap saja ketakutan akan terjadinya gempa susulan menghantui sejumlah warga. Namun demikian ada juga warga yang tidak merasakan gempa tersebut.

Kepala Stasiun Geofisika Ambon, Abraham F. Mustamu dalam siaran pers yang diterima koran ini, menyebutkan, hasil analisis BMKG menunjukkan, gempa tersebut berkekuatan M=3.5SR dengan pusat gempa pada koordinat 3.69 LS dan 128.18 BT, tepatnya di laut pada jarak laut 3 km arah timur laut Ambon pada kedalaman 10 km.

“Berdasarkan laporan warga intensitas guncangan gempa ini dirasakan II SIG-BMKG (III MMI) di Ambon dimana guncangan dirasakan oleh banyak orang di Kota Ambon,” kata Mustamu. Menurut Mustamu, jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi ini merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal yang memicu terjadinya gempa bumi.

“Terkait dengan peristiwa gempa bumi yang baru saja terjadi, hingga laporan ini disusun belum terjadi aktifitas gempa bumi susulan. Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG. Khusus masyarakat di daerah pesisir dihimbau agar tidak terpancing isu karena gempabumi yang terjadi tidak berpotensi Tsunami,” jelas Mustamu. (RIO)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top