PREMIUM | rakyatmaluku.id

Gempa, 5,9 SR, Komisioner KPU Aru Lari Tinggalkan Gudang Perakitan Kotak Suara

Rumah warga di Kelurahan Galaydubu RT15/RW005 Kecamatan Pulau-Pulau Aru mengalami kerusakan pasca gempa 5,9 SR yang menguncang wilayah Kabupaten Aru dan sekitarnya. IST

GEMPA bumi  tektonik berkekuatan magnitudo 5,9 Skala Richter (SR) mengguncang   Kepulauan Aru provinsi Maluku, Sabtu 26 Januari 2018, mengakibatkan sejumlah rumah mengalami kerusakan.

Dari data yang diperoleh rakyatmaluku.com sejumlah rumah yang mengalami kerusakan salah satunya  berada di lokasi di Kelurahan Galaydubu RT15/RW005 Kecamatan Pulau-Pulau Aru. Selain itu sejumlah  kaca rumah milik warga juga ada yang pecah dan mengalami keretakan.

Salah seorang warga Aru, Yoseph Sudarso Labok yang juga adalah  komisioner KPU Kepulauan Aru kepada rakyatmaluku.com menuturkan detik-detik terjadinya guncangan yang membuat dirinya bersama komisioner KPU Aru lainnya termasuk sejumlah pegawai dan aparat keamanan yang mengawasi perakitan kotak suara  lari meninggalkan gudang gudang logistik   KPU Kepulauan Aru berada di Kompleks Puncak,  Kelurahan Siwalima, Pulau-Pulau Aru.  

“Sesaat sebelum gempa,  beta (saya),  Ketua KPU  Aru Viktor Sjair dan Sekretaris KPU Aru Agus Ruhulesin sementara pantau proses rakit kotak surat suara.  Karena tiba-tiba gempa katong (kami)  lari beramburan dan berteriak histeris keluar areal gudang ke halaman,” ujar Yos (panggilan akrab Yoseph Sudarso Labok).

Perakitan kotak suara, tambah Yos terpaksa dihentikan apalagi sejumlah kotak suara yang dibuat juga jatuh berserakan . 

“Kira terpaksa hentikan sementara proses perakitan kotak suara, katena situasi yang tidak memungkinkan,” tandas Yos.

Mengenai kondisi pasca gempa, kata Yos, yang juga mantan wartawan Harian Rakyat Maluku itu masyarakat masih khawatir terjadinya gempa susulan, karena gempa yang terjadi sebebelumnya cukup kuat.

“Ada sebagian warga yang masih khawatir terjadinya gempa susulan sehingga masih berada di luar rumah. Tapi ada juga yang sudah masuk ke rumahnya, namun tetap wasapada,” tandas Yos. (RM)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top