NEWS UPDATE

Gempa Guncang Saparua

RakyatMaluku.com – WARGA di pulau Saparua, Kabupaten Maluku Tengah, Minggu 15 Juli 2018, sekira pukul 21.24 WIT dibuat kaget dengan adanya gempa 3,6 SR. Kendati kekuatan gempa tersebut tidak cukup kuat, namun guncangan cukup dirasakan warga setempat .

Dari data yang diperoleh koran ini dari BMKG Maluku pusat gempa terletak pada koordinat 3.76 LS dan 128.48 BT, tepatnya di laut 28 km Barat Daya Saparua pada kedalaman 12 km.

“Berdasarkan laporan warga, inten­­sitas guncangan gempabumi ini dirasakan II SIG BMKG (III MMI) di Pulau Saparua. Di daerah tersebut dilaporkan guncangan gempabumi dirasakan oleh banyak orang orang,” ujar Abraham F. Mustamu, S.Si, MM, Kepala Stasiun Geofisika Ambon, melalui rilisnya tadi malam. Namun demikian, tambah Mustamu, hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan akibat guncangan gempabumi tersebut.

“Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gem­pabumi ini merupakan gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar di dasar laut. Meskipun dangkal, gempabumi ini tidak berpotensi tsunami, karena kekuatannya tidak cukup besar untuk membangkitkan perubahan di dasar laut yang dapat memicu terjadinya tsunami,” jelas Mustamu, yang menambahkan dengan peristiwa gempabumi yang terjadi, hingga berita ini baik cetak belum ada aktifitas gempabumi susulan.

“Saya menghimbau agar masyarakat tetap te­nang dan terus mengikuti informasi dan arahan dari BMKG dan BPBD. Khusus masyarakat di daerah pesisir dihimbau agar tidak terpancing isu, karena gempabumi yang terjadi tidak berpotensi Tsunami,” tegas Mustamu. (RM)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top