NEWS UPDATE

Gubernur Lepas 23 Siswa Mengenal Nusantara Ke Riau

RakyatMaluku.com – SEBANYAK 23 siswa dan siswi tingkat SMA, SMK dan SLB se-Kota Ambon dan tiga orang pendamping yakni dua guru teladan dari SLB dan satu pegawai Diknas Provinsi, dilepas oleh Gubernur Maluku Said Assagaff, guna mengikuti program Siswa Me­ngenal Nusantara (SMN) di Provinsi Riau, mulai 15-25 Agustus.

Gubernur Assagaff, dalam pesannya saat me­lepas para siswa – siswi yang berlangsung di rumah dinas gubernur, Mangga Dua Ambon, Rabu 15 Agustus, mengatakan kegiatan SMN merupakan bagian dari program BUMN Hadir untuk Negeri yang digelar Kementerian BUMN pada 2018.

Ia berpesan, selama berada di Riau nanti, seluruh siswa yang berasal dari sekolah-sekolah di Kota Ambon dan sekitarnya akan mengikuti kegiatan pendidikan dan kebudayaan yang telah disusun oleh BUMN lain yaitu PT Jasa Raharja (Prrsero), PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), dan PT Perikanan Nusantara (Persero).

Ia menuturkan, para siswa akan menginap di rumah-rumah penduduk yang menjadi orang tua asuh mereka di Riau selama satu pekan lamanya.

“Mereka akan belajar mengenai perekonomian, sistem pendidikan, kebudayaan, pariwisata, dan bela negara di sekolah-sekolah terbaik yang ada di Riau. Sementara ke-23 siswa dari Riau akan datang ke Ambon dan mengikuti kegiatan pendidikan, kebudayaan, dan bela negara yang disiapkan oleh PGN,” katanya.

Dengan mengikuti secara langsung kegiatan pembelajaran dan tinggal di rumah penduduk daerah lain, menurut dia, para siswa tersebut diha­rapkan bisa mengenal dan menghargai kebudayaan yang dimiliki saudara-saudaranya dari daerah tersebut.

Assagaff, mengatakan program SMN yang meru­pakan bagian dari rangkaian program BUMN Hadir untuk Negeri 2018 menjadi kegiatan yang sangat bermanfaat bagi para siswa – siswi.

“Sebanyak 23 pelajar dan para pendamping ini akan mendapatkan pengalaman yang tidak akan terlupakan, serta mendapatkan ilmu pengetahuan yang dapat mereka terapkan dan bagikan kelak dalam kehidupannya,” katanya.

“Saya harap siswa dalam program SMN asal Maluku ini dapat menjadi duta bagi Provinsi Maluku untuk memperkenalkan kekayaan Provinsi Kepulauan ini kepada masyarakat di Provinsi Riau,” katanya. Dalam menyeleksi para siswa dari Provinsi Maluku yang terpilih sebagai peserta program SMN, BUMN dibantu Dinas Pendidikan Provinsi Maluku. (YAS)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top