NEWS UPDATE

Habib Jindan : Kerukunan Harus Tetap Dijaga

TOKOH Lintas Agama Provinsi Maluku menggelar silaturahmi bersama Alhabib Jindan Bin Novel Bin Jindan untuk mempererat toleransi antar umat beragama di Maluku, yang berlangsung di ruang rapat lantai II, Kantor Gubernur Maluku, Selasa, 22 Januari 2019.

AL Habib Jindan Bin Novel Bin Jindan, dalam sambutannya mengatakan, provokasi, adu domba, kekerasan, pembuat onar, mencaci antar sesama, dan membuat perpecahan, bukan bagian dari ajaran agama islam. Sebab, islam merupakan agama damai.

“Silaturahmi merupakan ajaran para nabi terdahulu. Buktinya, sebelum adanya agama islam, para nabi terdahulu suda mengajarkan tentang silaturami dengan tujuan bisa mewujudkan kedamaian, keamanan dan ketentraman,” katanya.

Ia menceritakan, di jaman perjuangan Nabi Muhammad telah menunjukkan sikap mulianya kepada para tawanan perang di Kota Madinah saat itu. Rasulullah juga berpesan kepada seluruh umatnya untuk bersikap baik kepada para tawanan, meskipun orang musryik sekalipun.

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah memberikan prinsip mendasar, bagaimana seharusnya seorang muslim memperlakukan tawanannya. Rasulullah bersabda : Aku wasiatkan agar kalian berbuat baik terhadap mereka, yaitu tawanan,” terang Alhabib Jindan.

Apa yang disabdakan Rasulullah ini, lanjut Alhabib Jindan, benar-benar terbukti dalam prilaku beliau. Salah satu kasih sayang terhadap musuh ini dengan memberi makanan yang disukai umat islam, sebagaimana dalam Al Quran Surat Al-Insan ayat 8 ‘Dan mereka memberikan makanan yang disukainya kepada orang miskin, anak yatim dan orang yang ditawan’.

“Allah mendorong hamba-hamba-Nya yang beriman untuk berbuat baik terhadap tawanan mereka. Caranya, memberi mereka makanan yang layak. Allah berjanji membalas kebaikan mereka di akhirat kelak,” jelasnya.

Usai pertemuan, Alhabib Jindan Bin Novel Bin Jindan, kepada wartawan mengatakan, kehadirannya dalam Silaturahmi Tokoh Lintas Agama Provinsi Maluku untuk menyambung kasih sayang. Ia juga perpesanan kepada masyarakat Kota Ambon untuk selalu menjaga kerukunan.

“Kita datang kesini sebagai duta rahmat, duta cinta, duta kasih sayang membawa persatuan kedamaian dimanapun kita masuki. Mudah-mudahan Ambon tetap damai, tetap akur, tetap aman dalam menghadapi situasi apapun. Dan semoga Ambon menjadi percontohan kedamaian ditengah-tengah masyarakat, insya Allah. Intinya kerukunan harus tetap dijaga,” pesannya. (RIO)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top