NEWS UPDATE

Hari Ini Sidang Isbat, Warga Desa Wakal Telah Rayakan Idul Fitri 1440 H

Warga Desa Wakal Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) telah merayakan Hari Raya Idul Fitri, Senin 3 Juni 2019

KEMENTERIAN  Agama (Kemenag) melalui Ditjen Bimas Islam akan menggelar sidang isbat (penetapan) awal bulan Syawal atau lebaran 2019. Rencananya, sidang isbat Idul Fitri 1440 H digelar pada hari ini, Senin 3 Juni 2019.

Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin dijadwalkan memimpin langsung sidang isbat tersebut. Melalui mekanisme sidang isbat ini, Kemenag akan menetapkan waktu umat Muslim Indonesia bisa merayakan hari raya Idul Fitri, 1 Syawal 1440H.

Sidang isbat ini direncanakan akan dihadiri para Duta Besar Negara sahabat, Mahkamah Agung, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama; dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

Sidang Isbat akan dilakukan secara tertutup yang dipimpin oleh Menteri Agama. Dalam sidang tersebut,  akan dilaporkan  hasil pemantauan hilal (rukyatul hilal) yang dilakukan pada 105 titik lokasi di seluruh Indonesia. Laporan itu akan dijadikan dasar pengambilan keputusan penetapan 1 Syawal.

Usai sidang Isbat, Menteri Agama akan menggelar konferensi pers mengenai hasil sidang itsbat, yaitu Penetapan Pemerintah tentang Idul Fitri 1 Syawal 1440H/2019M.

WARGA WAKAL RAYAKAN IDUL FITRI 

Sementara itu warga Desa Wakal Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) telah merayakan Hari Raya Idul Fitri, Senin 3 Juni 2019, hari ini.

Shalat Idul Fitri dipusatkan di Masjid Nurul Awal Wakal dipimpin Imam Kasim Tahapary dan Khatib Ahmad Leiwaru serta diikuti ribuan jamaah warga setempat. Karena banyaknya warga yang melaksanakan shalat, jamaah lainnya terpaksa shalat hingga di luar masjid dan memenuhi jalan raya.

Warga Wakal melaksanakan Shalat Idul Fitri berbeda  dengan penetapan pemerintah, yang direncanakan hari ini Senin 3 Juni 2019 baru akan memutuskan 1 Syawal setelah dilaksanakan sidang isbat . 

Warga Wakal meyakini penentuan 1 Syawal telah sesuai perhitungan atau hisab yang dilakukan sejak leluhur mereka. Berdasarkam sistim hisab terun temurun, warga Wakal selalu menggenapkan puasa Ramadhan selama 30 hari.

“Penetapan 1 Syawal itu sesuai dengan yang kita yakini berdasarkan bulan, sama halnya dengan penetapan 1 Ramadhan,” ujar salah satu penghulu Masjid Nurul Awal Wakal, Taib Nakul kepada pers, usai pelaksanaan shalat Idul Fitri 1440H. (RM)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top