NEWS UPDATE

Hari Ke Dua Pendaftaran Calon Komisioner KPU, Baru 5 Calon Ngambil Formulir

Proses pendaftaran calon anggota KPU Maluku.

MEMASUKI hari kedua proses pendaftaran ulang bakal calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku, Minggu 17 februari 2019, baru lima calon lanjutan yang pada seleksi lalu  telah mengikuti berbagai pentahapan telah  mengambil formulir pendaftaran.

Ke-lima calon lanjutan yang telah mengambil formulir pendaftaran ulang tersebut yakni Abdul Muin Loilatu, Abdul Khalil Tianotak, Almudatsir Sangadji, Engelbertus Dumatubun, dan Hanafi Renwarin.

“Sampai hari kedua pendaftaran, yang baru mengambil formulir pendaftaran 5 orang untuk calon lanjutan,” ujar Stevin Melay, salah seorang anggota Timsel KPU Maluku, kepada Rakyat Maluku, Minggu 17 Februari 2019. 

Kendati demikian, kata  Stevin Melay, pendaftaran yang dibuka sejak Sabtu 16 Februari 2019, dan akan ditutup pada Jumat 22 Februari 2019 itu, sudah ada 13 orang yang melakukan konfirmasi via telp untuk menanyakan perihal proses pendaftaran.

“Penutupan pendaftaran Jumat 22 Februari 2019, dan sudah 13 orang yang mengkonfirmasi perihal proses pendaftaran,” tandas Stevin Melay.

Sebagaimana diberitakan, Jumat 5 Februari 2019 lalu, KPU RI resmi melantik Timsel KPU Maluku yang baru,  mereka adalah: Djufry Rais Pattilouw, Amir Faisal Kotarumolas (Ketua), Stevin Melay, La Ode Angga, dan Reny Heronia Nendissa (Sekertaris).

Saat menggelat jumla pers  Ketua Tim Amir Kotaromalos mengatakan, ada keistimewaan bagi para peserta yang terlebih dulu mengikuti tes Seleksi calon Anggota KPU Provinsi Maluku, dibawah kepemimpinan Timsel lama. Mereka yang telah dinyatakan lolos oleh Timsel lama tetap diakomodir.

“Jadi mereka yang telah dinyatakan lolos pada Timsel lama ini, akan menunggu proses lanjutan bersama peserta yang baru mendaftar,” ujar Amir.

Ada tiga peserta yang telah dinyatakan lolos hingga tahap wawancara yakni, La Alwi, Engelbertus Dumatubun dan Almudatzir Zain Sangadji. Sedangkan, yang menunggu tes phisiko tes, yakni Hanafi Renwarin dan Syamsul Rifan Kubangun.

Amir menjelaskan, kelima peserta seleksi tidak lagi mengikuti pentahapan awal diseleksi baru yang dilakukan pihaknya, namjun bukan berarti lima figur itu tidak melaporkan diri pada saat pendaftaran dibuka 16 Februari nanti.

“Jadi lima figur yang sudah menunggu di phsiko tes ini, harus datang melaporkan diri pada saat pembukaan pendaftaran nanti. Kalau sampai penutupan pendaftaran mereka tidak melaporkan diri, kami anggap telah gugur atau diskualifikasi,” paparnya.

Setelah proses pendaftaran selesai, pihaknya, kata Amir, akan melakukan penelitian administrasi terhadap berkas para pendaftar

“Proses selanjutnya yakni mengumumkan nama-nama peserta lolos administrasi  untuk mengikuti tahapan seleksi tes tertulis dengan menggunakan metode CAT, sekaligus pengumuman hasilnya nanti,” tandasnya.

Kemudian,  akan dilanjutkan tahapan tes psikologi, dan dilanjutkan dengan rapat penetapan hasil tes psikologi oleh pihak ketiga dan penyerahan hasil tes kepada Timsel.

“Nah setelah itu, Timsel melakukan rapat menetapkan hasil tes psikologi yang sudah dilakukan. Baru akan diumumkan siapa saja peserta yang lolos tes psikologi,” jelasnya.

Untuk tes kesehatan, akan dilakukan tanggal 8 Maret 2019. Setelah itu dilanjutkan tes wawancara 13 Maret 2019, Timsel akan melakukan rapat penetapan hasil tes dan penetapan nama calon anggota KPU Maluku.

“16 Maret 2019, timsel akan mengumumkan 10 nama calon anggota KPU yang akan dikirim ke Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia, utuk diproses dan ditetapkan lima orang sebagai Anggota KPU Maluku Periode 2019-2024 mendatang,” tandas Amir. (RM) 

======================
--------------------

Berita Populer

To Top