KESEHATAN

Home Remedies Efektif Untuk Menghentikan Cegukan

ANDA pasti pernah mengalami cegukan. Entah saat sedang makan atau tiba-tiba saja tanpa penyebab yang jelas. Tapi, sebenarnya bagaimana cara menghilangkan cegukan yang paling ampuh? Berikut ini beberapa home remedies
yang efektif untuk menghentikan cegukan, seperti dilansir laman MSN, Senin (18/6).

1. Teknik pernapasan
Membangun karbon dioksida dengan menahan napas atau bernapas ke dalam kantong kertas bisa membantu merilekskan diafragma yang bisa membawa lebih banyak oksigen. Duane Hurst, seorang spesialis di Mayo Clinic di Arizona, membantu seorang pasien yang menderita cegukan kronis dengan teknik berbasis pernapasan. Dia menggunakan elektrokardiogram untuk menemukan tingkat pernapasan yang membantu meredakan sistem sarafnya.

2. Minum air putih
Banyak cara minum air yang tidak biasa telah direkomendasikan untuk mengganggu kejang diafragma.
Minum dari sisi berlawanan dari gelas atau minum melalui tisu adalah beberapa contoh.
Namun, beberapa ahli menyatakan bahwa menelan air adalah triknya karena menyebabkan perubahan pola pernapasan.

3. Satu sendok penuh bahan umum
Menelan satu sendok bahan yang mudah seperti gula, cuka, madu atau selai kacang dikatakan membantu beberapa orang menyingkirkan cegukan mereka.

4. Big O
Dokter berkebangsaan Amerika dan pemenang Hadiah Nobel, Dr. Francis Fesmire, mempelajari berbagai cara untuk memblokir impuls yang dikirim ke saraf vagus. Saraf ini memainkan peran kunci selama cegukan karena mengoordinasikan menelan, bernapas serta pita suara.

5. Merasa takut
Metode ini, biasanya digunakan untuk anak-anak, telah dianggap oleh beberapa orang tidak memiliki efek nyata. Tapi Live Science mencatat itu mungkin benar-benar bekerja dengan cara ganda dengan “memulai pola nafas sekaligus memberikan stimulus yang berlebihan pada sistem saraf simpatik.” Perasaan ini dikatakan bisa mengaktifkan respons stres melawan-atau-terbang tubuh. Namun, Anda tidak boleh menggunakan obat ini secara ekstrem karena orang yang rentan bisa menderita efek kesehatan yang merugikan (seperti serangan jantung) atau bahkan kematian setelah terpapar ketakutan yang parah.

6. Tekan telapak tangan Anda
Teknik stimulasi lainnya adalah menekan telapak tangan Anda dengan ibu jari dan telunjuk tangan Anda yang lain. Telah disarankan ketidaknyamanan ini bisa mengalihkan perhatian sistem saraf dan menyingkirkan cegukan sebagai hasilnya. (fny/jpnn)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top