HUKRIM

Hut HANI, BNNP Maluku Donor Darah

RakyatMaluku.com – BADAN Narkotika Nasional Provinsi Maluku mengelar donor darah. Kegiatan yang dilaksanakan di Kantor BNNP, Karang Panjang, Kecamatan Sirimau, Rabu, 4 Juli, dalam rangka menyambut Hari Anti Narkotika Internasional (HANI). Donor darah ini tidak saja dilakukan pegawai BNNP Maluku, tapi sejumlah instansi pemerintah termasuk Polri ikut dilibatkan. Pasalnya, stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Ambon, menipis, sehingga inisiatif BNNP membuat acara tersebut guna membantu PMI.

Kepala BNNP Maluku Brigjen Pol Rusno Prihardito mengatakan, Hari Ulang Tahun (HUT) HANI sebenarnya jatuh pada tanggal 26 Juni lalu, tapi karena di Indonesia, ada sejumlah daerah mengelar pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak, maka HUT HANI akan dilaksanakan bulan ini. Untuk pelaksanaan pun, dibuat berbeda-beda.

“HUT HANI sebenarnya jatuh tanggal 26 Juni, karena ada Pilkada serentak, sehingga perayaannya akan dilakukan tanggal 12 Juli. Perayaan itu macam-macam, ada yang ucapara, ada yang bakti sosial, ada yang melakukan sosialisasi. Di kita (BNNP Maluku) gelar donor darah dan besok (hari ini) kita bakti sosial. Bakti sosial kita bersihkan lingkungan di sekitar Karang Panjang. Biar dekat-dekatlah. Kita akan bersihkan lingkungan selama tiga hari,” kata perwira tinggi (Pati) Polri ini kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu, 4 Juli.

Ia menjelaskan, khusus donor darah, sejumlah instansi diisurati agar mengikuti kegiatan ini, tetapi tidak semuanya terlibat karena kesibukan masing-masing. Dari sekian orang yang mendodnorkan darahnya, itu menghasilkan 22 kantong darah. Darah-darah ini akan disumbangkan kepada PMI.

Sebelum donor darah, lanjut dia, BNNP telah mensosialisasikan bahaya mengunaan Narkotika ke siswa -siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kota Ambon, salah satunya SMA 5 Ambon.

“Saya maunya banyak (kantong darah) tapi BNNP sendiri ada 70 sekian pegawai, hanya 15 yang donor, sisahnya tak memenuhi syarat, termasuk beberapa instansi yang kami undang tapi tak hadir. Saya juga apresiasi wartawan yang ikut mendonorkandarahnya. Ini kan kegiatan kemanusiaan. Selain itu, kami juga melakukan sosialisasi ke pelajar SMA 5 Ambon. Ada 250 siswa yang ikut saat itu, dan pertanyaan mereka bagus-bagus semua. Hari ini (kemarin) ada sosialisasi di Kodim 1504 juga. Jadi kita selalu melakukan sosialisai, agar masyarakat, dapat mencegah peredaran Narkoba dan menangkal diri mereka dari Narkotika,” jelasnya.

Untuk mencegah peredaran Narkotika di Maluku, perwira bintang satu di pundak ini mengatakan, BNNP akan selalu melakukan sosialisasi. Masyarakat, tambah dia, juga harus membantu BNNP memberantas Narkoba, dengan cara melaporkan ke BNNP bila melihat ada yang menjual atau memakai Narkoba.

“Sosialisasi secara masif kita laksanakan. Masyarakat juga harus membantu kita. Saya lihat kesadarean masyarakat di Maluku untuk memberantas Narkotika minim. Jadi saya berharap agar kita sama-sama mencegah generaji kita dari bahan berbahaya itu,” tandasnya. (AAN)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top