AMBONESIA

Info Penerimaan CPNS Di Ambon Tidak Benar

RakyatMaluku.com – KABAR tentang adanya penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang disampaikan via media sosial di tubuh Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon tidak benar. Sampai saat ini, belum ada informasi resmi dari Pemkot Ambon untuk adanya penerimaan CPNS, termasuk petunjuk dari pemerintah pusat untuk Pemkot Ambon. Demikian ditegaskan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Ambon, Benny Selano, kepada wartawan di Kota Ambon, Rabu, 1 Agustus 2018.

Menurut dia, Pemkot Ambon secara resmi belum mengeluarkan informasi tentang penerimaan CPNS. Bukan saja itu, bahkan pengusulan formasi CPNS oleh Pemerintah Kota Ambon juga belum disampaikan ke pemerintah pusat melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB). Jadi, informasi yang beredar di masyarakat tidak benar, dan tidak boleh dipercayakan.

“Jadi, sampai dengan saat ini kita belum dipanggil oleh Kemenpan-RB. Dan itu bukan saja Kota Ambon, tapi seluruh daerah di Indonesia ini juga sama untuk penyerahan formasi CPNS,” ujar Benny.

Dia mengatakan, Kemenpan-RB tidak pernah mengumumkan kuota CPNS baik di masyarakat maupun media sosial. Bagi dia, keputusan resmi tidak dapat dikeluarkan oleh Pemkot Ambon, tapi dikeluarkan oleh pemerintah daerah melalui Gubernur, Walikota/Bupati yang dipanggil sebagai pejabat pembina kepegawaian, untuk menerima secara resmi dari Menpan-RB. “Jadi jangan sampai kita termakan isu yang tidak benar tentang kuota penerimaan CPNS, kemudian disampaikan kepada masyarakat kemudian masyarakat yang menjadi korban,” jelas dia.

Dia kembali menegaskan bahwa sampai dengan saat ini belum ada penyerahan formasi dari Menpan-RB, baik kepada Gubernur, Walikota dan juga Bupati selaku pejabat pembina kepegawaian untuk dtindaklanjuti sebagai ketentuan perundang-undangan yang berlaku. “Jadi informasi yang beredar tentang hal tersebut itu semuanya hoax.”

Sebelumnya, beberapa hari lalu telah beredar informasi di masyarakat melalui media sosial tekait dengan adanya informasi penerimaan CPNS di lingkup pemerintah Kota Ambon dengan jumlah kuota beserta formasinya.

Informasi tersebut membuat sejumlah masyarakat yang telah selesai menuntut ilmu di perguruan tinggi negeri dan swasta yang menyandang status sebagai sarjana tergesa-gesa untuk menyiapkan sejumlah berkas untuk mendaftar dan mengikuti seleksi CPNS di lingkup pemerintah Kota Ambon. Namun, informasi yang beredar tersebut ternyata tidak benar, sehingga mengakibatkan keresahan di masyarakat, baik yang berdomisili di Kota Ambon maupun sekitarnya. (R1)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top