HUKRIM

Jaksa Hentikan Penyelidikan Dugaan Korupsi Proyek Kapal Kayu Di MTB

RakyatMaluku,com – TIM Penyelidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Maluku Tenggara Barat (MTB) telah menghentikan penyelidikan dugaan korupsi proyek pengadaan 50 unit kendaraan angkut Long Boat (kapal kayu) tahun anggaran 2016 sebesar Rp 4.993.900.000 yang bersumber dari DAK APBD kabupaten setempat. Sebab, pekerjaan proyek tersebut telah sesuai kontrak.

“Penyelidikannya sudah dihetikan setelah dilakukan pemeriksaan terhadap kontraktor, PPTK, PPK dan beberapa penerima kapal. karena hasil penyelidikan bahwa pekerjaan pengadaan kapal sudah sesuai kontrak kerja,” tandas Kepala Kajari Maluku MTB, Frenkie Son, kepada koran ini, via selulernya, tadi malam.

Sebagaiman diberitakan koran ini sebelumnya, pelaksanaan pekerjaan pengadaan 50 unit kendaraan angkut Long Boat (kapal kayu) ini tidak menggunakan galangan, namun hanya dikerjakan manual di pinggir pantai dengan cara disubkontrakkan secara tidak sah dari rekanan salah satu CV di Desa Latuhalat Kota Ambon kepada pihak lainnya.

Ironisnya, kapal-kapal tersebut dibuat menggunakan kayu yang masih basah tanpa upaya pengeringan terlebih dahulu. Akibatnya, belum tiga tahun banyak kapal mengalami kerusakan karena kondisi kayu pada saat kering mengalami retak pada sisi sambungan.

“Dari hasil penyelidikan, proyek ini diduga kuat merugikan negara lantaran belum tiga tahun banyak kapal mengalami kerusakan. Sehingga, asas kemanfaatan bagi masyarakat belum dapat dipenuhi secara maksimal,” jelas Kasi Pidsus Kejari MTB Denny Syahputra. (RIO)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top