HUKRIM

Jaksa Segera Tetapkan Tersangka Di Korupsi ADD – DD Porto

RakyatMaluku.com – TIM Penyelidik Kejaksaan Negeri (Kajari) Ambon Cabang Saparua segera melakukan gelar perkara dugaan korupsi anggaran Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) di Negeri Porto, Kecamatan Saparua tahun 2015 – 2017, untuk meningkatkan kasusnya dari tahap penyelidikan ke tahap penyidikan, disertai penetapan tersangkanya.

“Pemeriksaan dari Tim Aparatur Pengawasan Internal Pemerintah (APIP) Kabupaten Maluku Tengah sudah rampung. Namun belum diserahkan ke Penyidik. Jika sudah diserahkan ke Penyidik selanjutnya akan dilakukan gelar perkara untuk penetapan tersangkanya,” ucap Kacabjari Ambon di Saparua, Leo Tuanakotta, saat dikonfirmasi koran ini, via selulernya, tadi malam.

Hasil pemeriksaan dari APIP belum diserahkan ke Penyidik lantaran belum ditandatangani oleh pimpinan APIP setempat. “Sudah selesai, tinggal ditandatangani saja oleh pimpinan APIP, selanjutnya diserahkan ke Penyidik untuk ditindaklanjuti,” kata Leo.

Dijelaskan, pengusutan kasus dugaan korupsi anggaran ADD dan DD di Negeri Porto tahun 2015 – 2017 itu berawal dari laporan masyarakat setempat, yang mengaku bahwa selama dua tahun anggaran itu banyak pekerjaan fisik sampai pemberdayaan UKM yang tidak jelas peruntukannya.

“Jadi, kasus ini dilaporkan langsung oleh masyarakat setempat kepada Kejari Ambon Cabang Saparua. Yang pada intinya mendesak kejaksaan segera melakukan pemeriksaan terhadap seluruh pihak terkait, diantaranya aparatur pemerintah desa setempat,” jelasnya. (RIO)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top