PRO PILKADA

Jangan Terkoyak Hanya Karna Beda Warna Kaos

John Pieris

MPR RI bekerjasama dengan Pemerintahan Negeri Uluhahan Kecamatan Teluti Kabupaten Maluku Tengah mengadakan Sosialisasi Empat Pilar MPR (Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika).

Acara yang dimotori anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD-RI) asal Maluku John Pieris itu disaksikan ratusan tamu dan undangan asal negeri Uluhahan, para perangkat negeri, tokoh agama, tokoh pemuda juga ambil bagian dalam sosialisasi yang dilaksanakan dalam bentuk diskusi.
Dalam kesempatan tersebut John Pieris menyampaikan bahwa sosialisasi empat pilar merupakan progam MPR RI.

Keempat pilar yakni, Pancasila sebagai dasar negara, UUD 1945 sebagai konstitusi negara dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai bentuk negara dan Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan negara.

“Empat pilar ini nilai-nilai dasar yang harus dipahami oleh seluruh bangsa Indonesia. Dulu pada zaman orde baru ada P4, tapi setelah reformasi P4 tidak dapat dilaksanakan bahkan dicabut,” beber John.

John memang sudah beberapa kali menyelenggarakan sosialisasi yang diikuti dosen dan guru. Keduanya merupakan kelompok strategis untuk meneruskan kepada masyarakat yang lebih luas.Termasuk kelompok pemuda dan mahasiswa serta tokoh agama.

Menurut John, jika tidak ada penguatan kepada masyarakat tentang pilar kehidupan berbangsa dan bernegara, maka pondasi NKRI bisa terpecah bahkan roboh dan kemaslahatan negeri akan tercerai berai.

“Kita juga harus menjaga kebhinekaan yang ada dengan saling menghargai dan menghormati. Jangan sampai di adu domba oleh orang orang yang ingin menghancurkan keutuhan bangsa Indonesia,” lanjutnya.

Untuk kesekian kalinya dalam menyambut tahun politik (pileg dan pilpres), John mengajak masyarakat agar tetap menjaga persatuan dan persaudaraan sesama bangsa. Jangan sampai persatuan terkoyak hanya karena perbedaan warna kaos dan ideologi.

John pun berharap agar apa yang disosialisasikan dapat dilanjutkan kembali sehingga menyebar ke seluruh segmen masyarakat.

“Paling tidak untuk keluarganya. Karena empat pilar kebangsaan itu, diibaratkan sebuah pilar atau sokoguru yang menopang sebuah bangunan, jika tidak ada satu bangunan bisa roboh. Jadi pilar harus kuat. Karenanya harus dipupuk terus agar tetap kokoh dan kuat,” ujar John.

Sementara, Raja Negeri Uluhahan Eduard Walalohun mengucapkan terima kasih kepada Anggota DPD RI John Pieris yang menyediakan waktu untuk melakukan sosialisasi empat pilar kebangsaan kepada anggotanya.

“Ini sangat bermanfaat, baik untuk masyarakat, para anggota dan keluarganya serta untuk Indonesia pada umumnya,” ujar Eduard. (ARI)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top