Uncategorized

JCH Kloter 12 Maluku Siap Diberangkatkan Ke Makkah

Rapat koordinasi Kloter 14 asal Maluku dan Makassar antara petugas haji dengan tim pembimbing haji yang dipimpin Hajjah Wati Kabalmay di Hotel Deyar Alhabib Madinah untuk kesiapan menuju Kota Makkah tanggal 25 Juli 2019.

Kloter 14 Lakukan Rapat Koordinasi

MEMASUKI pelaksanaan ibadah haji yang jatuh 12 Agustus 2019 nanti semua persiapan tengah dilakukan. Termasuk mempersiapkan rombongan, kelompok, dan regu  oleh masing-masing kelompok terbang (kloter). Salah satunya adalah Kloter 12 asal Maluku embarkasi Makassar.

Dijadwalkan, Rabu 24 Juli 2019 pukul 09.00 WAS akan diberangkatkan ke Makkah. Menyusul Kloter 14 yakni gabungan dari Jamaah Calon Haji (JCH) asal Maluku dan Makassar juga akan bertolak ke Kota Haramain itu. Guna memperkuat koordinasi, para petugas kloter kini tengah mengatur kesiapan bersama petugas rombongan dan regu.

“Kita mengadakan koordinasi untuk semua kelompok dan regu agar semua rukun dan wajib haji bisa mendapat bimbingan dari masing-masing pembimbing,” ujar Pembimbing Haji Maluku Wati Kabalmay saat memimpin rapat koordinasi dengan semua ketua rombongan dan regu, di ruang rapat Hotel Deyar Madinah, Ahad, 21 Juli 2019.

Rapat koordinasi Kloter 14 asal Maluku dan Makassar antara petugas haji dengan tim pembimbing haji yang dipimpin Hajjah Wati Kabalmay di Hotel Deyar Alhabib Madinah untuk kesiapan menuju Kota Makkah tanggal 25 Juli 2019.

Dikatakan, bimbingan dan arahan yang diberikan pada rapat ini menjadi penting karena menghadapi pelaksanaan haji nanti semua rukun dan wajib haji harus dilaksanakan dengan penuh kesungguhan oleh para JCH karena ini menyangkut syarat sah dan tidaknya haji seseorang.

“Untuk itu, rapat koordinasi ini menjadi bagian penting dari tanggungjawab kita bersama agar nantinya pelaksanaan ibadah haji menjadi sempurna,” ujar Kabalmay.

Tampak rombongan Kloter 12 asal Maluku yang siap diberangkatkan ke Kota Makkah.

Menurut Kabalmay yang adalah staf Kantor Kementerian Agama Provinsi Maluku itu, rapat koordinasi ini tak lain untuk memperkuat kinerja dan tanggungjawab masing-masing rombongan dan regu. 

Hal yang sama juga diakui oleh Ketua Kloter 12 Pacar Lesubun. Kepada Rakyat Maluku, Lesubun mengatakan kloter yang dipimpinnya telah siap 100 persen. Kloter 12 UPG pada tanggal 20 lalu ke Daker Bayan Tarhil mengecek paspor. Dari kunjungan itu semua paspor telah lengkap. Dan dipastikan berangkat tanggal 24 Juli.

“InsyaAllah, hari Rabu tanggal 24 Juli 2019 kami akan meninggalkan Kota Madinah menuju Makkah. Semoga perjalanan ini nantinya berjalan sukses tanpa ada hambatan,” ujar Lesubun.

Ketua Kloter 12 asal Maluku Pacar Lesubun tengah mengurus paspor di Daker Makkah. Setelah diperiksa dan diteliti oleh pihak kedutaan Kloter 12 dinyatakan siap 100 persen menuju Kota Makkah, 23 Juli 2019.

Untuk mempersiapkan segala hal pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Kepala Sektor Khusus (Kaseksus) Kota Makkah M.Yamin, Spd.Mpd terkait dengan tempat tinggal atau maktab. “Pak Kasektor Khusus Pak Yamin sudah menyampaikan kesiapannya menyambut kedatangan Kloter 12,” ujar Lesubun.

JAGA KESEHATAN

Mengingat memasuki hari H pelaksanaan ibadah haji banyak persoalan yang muncul untuk itu diperlukan koordinasi agar peran dan fungsi masing-masing kloter, ketua rombongan, ketua kelompok, dan ketua regu lebih intensif melakukan koordinasi. 

Tampak rombongan Kloter 12 asal Maluku yang siap diberangkatkan ke Kota Makkah.

Apalagi memasuki musim panas yang ekstrim hingga mencapai 45 derajat celsius di Arab Saudi saat ini membuat pihak petugas kesehatan haji yang tergolong dalam semua kloter embarkasi Makassar asal Maluku diajak kepada seluruh JCH untuk meningkatkan ketahanan daya tahan tubuh.

“Mengingat suhu yang ekstrim tersebut sangat rawan terjadi berbagai penyakit terutama batuk atau dehidrasi akibat kekurangan cairan. Karena itu, selain diimbau kepada para JCH agar menjaga kesehatan mereka juga diminta mengonsumsi buah-buahan dan air yang cukup,” ujar dr. Rani, tim kesehatan yang tergabung dalam Kloter 14 asal Maluku dan Makassar, itu. (DIB)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top