AMBONESIA

JKN-KIS Di Maluku Baru Belum 100 Persen

RakyatMaluku.com – BADAN Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS-K) Cabang Ambon, mencatat, peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Kartu Indonesia Sehat (KIS) di Provinsi Maluku baru mencapai 73 persen atau sebanyak 1.338.000 orang dari 1.829.000 penduduk di Maluku. Artinya, target 100 persen belum dicapai sampai saat ini.

Pimpinan BPJS Kesehatan Maluku, Afliana Latumakulita kepada wartawan dalam acara penandatanganan kerja sama dengan Bank Negara Indonesia (BNI) Cabang Ambon terkait penyediaan layanan tabungan untuk peserta JKN-KIS, berlangsung di Kantor BPJS-Kesehatan Cabang Ambon, kemarin mengatakan, dari tersebut itu berarti hingga saat ini masih tersisa 27 persen yang belum masuk sebagai peserta JKN-KIS.

Kata dia, kalau yang sisa 27 persen yang belum jadi peserta pada saat mereka masuk sebagai peserta mandiri juga bisa menggunakan tabungan sehat ini, dengan cara mencicil setiap hari atau setiap bulan dan seterusnya akan terbebas, atau istilahnya autodebet. Sehingga masyarakat bisa dengan tenang bekerja, dan kalau tenang bekerja pendapatan bisa meningkat maka semakin sejahtera.

“Saat ini dari 73 persen atau 1.338.000 peserta di Maluku juga masih banyak yang memiliki tunggakan iuran, dan yang paling banyak berada di Kota Ambon mencapai 50 ribu lebih yang memiliki tunggakan.” Pihaknya menginginkan kerja sama tersebut akan tetap berlanjut dengan harapan, iuran tetap terbayarkan.

Karena diketahui bahwa setiap hari, setiap detik dan setiap menit baik secara nasional maupun di Provinsi Maluku sudah cukup banyak yang memanfaatkan kartu tersebut.

Sebagai kepala Cabang BPJS Kesehatan, dirinya mengimbau para teman-teman media cetak maupun elektronik bisa menyampaikan edukasi kepada masyarakat agar jangan lupa membayar iuran.

“Saya juga menyampaikan terima kasih kepada pihak BNI atas jalinan kerja sama yang baik, dan dengan penandatangan perjanjian kerja sama ini akan semakin mudah untuk menjadi peserta JKN-KIS dan orang semakin sehat.” Lewat kerja sama dengan BNI Cabang Ambon yang telah menyediakan layanan tabungan, maka 27 persen warga Maluku yang hingga kini belum masuk sebagai peserta bisa terlayani. (R1)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top