BERITA COVID-19

Jokowi Awali Disuntik Vaksin Sinovac

Presiden Jokowi saat menjalani penyuntikan Vaksin Sinovac di Istana Negara RI, Rabu, 13 Januari 2021.

RAKYATMALUKU.COM – JAKARTA, – Kontroversi penolakan terhadap program vaksinasi anti virus corona (Covid-19) Vaksin Sinovac terjawab sudah.


Secara resmi, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, memberanikan dirinya untuk disuntik vaksin Sinovac. Penyuntikan vaksin kepada Jokowi berlangsung di Istana Negara RI, Jakarta, Rabu, 13 Januari 2021.

Untuk meyakinkan masyarakat secara umum, pelaksanaan penyuntikan vaksin Sinovac kepada Presiden RI, Jokowi disiarkan secara langsung lewat laman YouTube Presiden Joko Widodo.

 

“Alhamdulillah, saya baru saja menerima suntikan vaksin Sinovac. Vaksin ini baru disuntikkan setelah BPOM mengeluarkan izin penggunaan darurat. Hasil evaluasi BPOM menunjukkan, Sinovac memiliki efikasi sebesar 65,3 persen, lebih tinggi dari standar WHO yaitu 50 persen. Sebelumnya, Majelis Ulama Indonesia juga telah menyatakan, vaksin Sinovac halal untuk digunakan. Saya telah memerintahkan agar vaksinasi Covid-19 segera mulai dilaksanakan di seluruh Tanah A,” demikian keterangan Jokowi, dalam laman YouTubenya.

Pada laman panfage Facebooknya, Jokowi juga menyampaikan rasa syukur atas proses penyuntikan yang berjalan baik dan lancara.

“Saudara-saudara sebangsa dan setanah air. Pada pukul 9.42 wib pagi ini, saya memulai ikhtiar besar sebagai warga negara Indonesia untuk terbebas dari pandemi ini dengan menerima vaksin Covid-19.Vaksin Covid-19 inilah yang lama kita tunggu-tunggu dan baru disuntikkan setelah BPOM mengeluarkan izin penggunaan darurat, dan Majelis Ulama Indonesia menyatakan suci dan halal untuk digunakan. Saya berharap vaksinasi Covid-19 yang tahapannya sudah dimulai hari ini berjalan dengan lancar.”

Terlihat dalam live streaming tersebut, Jokowi sebelum menjalani penyuntikan Vaksin Sinovac diambil keterangan singkatnya oleh salah satu staf perempuan. Usai diambil keterangannya, Jokowi kemudian diperiksa tekanan darahnya.

Saat menjalani pemeriksaan tekanan darah, Jokowi berdialog langsung dengan petugas tersebut. “Maaf Pak, saya periksa tekanan darah dulu. Selama ini, tekanan darah bagus ya Pak,” tanya petugas pemeriksa. “Ini memang ada yang tidak diperbolehkan kalau tekanan darahnya tinggi,” sahut Jokowi.

“Kalau tekanan darahnya di atas 140, tidak dibolehkan,” jawab petugas saat memerika tekanan darah Jokowi.

Selain memeriksa tekanan darah, suhu tubuh Jokowi juga diperiksa dengan status 36,3. “Tekanan darah bapak 130/67 mmHg,” kata pemeriksa disahut Jokowi dengan nada tawa.

Petugas juga menanyakan riwayat kesehatan Presiden sebelum akhirnya dipersilahkan untuk menjalani penyuntikan vaksin Sinovac. Di antara riyawat kesehatan Jokowi yang ditanyakan seperti; pernah terkonfirmasi Covid-19, memiliki gejala batuk, jantung, ginjal hingga diabetes. Setelah dipastikan aman, Jokowi kemudian dipersilahkan untuk menjalani penyuntikan vaksin Sinovac. (WHL)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top