NEWS UPDATE

Kakanwil Agama Ajak Warga Maluku Jaga Suasana Idul Fitri

Fesal Musaad - Ka­kan­wil Kementerian Agama Provinsi Ma­luku

RakyatMaluku.com – KEPALA Kantor Wilayah (Ka­kan­wil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Ma­luku mengajak seluruh elemen masyarakat Maluku untuk tetap menjaga pengamalan ni­lai-nilai agama dalam bing­kai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Dia juga menyeruhkan agar mas­yarakat Maluku terus menebarkan kedamaian dilingkungan keluarga, masyarakat dan tempat kerja. Hal ini penting untuk meningkatkan kualitas hidup orang Maluku yang aman, rukun, damai, relegius, berkualitas dan sejahtera lahir bathin. Ajakan ini disampaikan Kakanwil Agama kepada wartawan, Minggu 10 Juni 2018.

Menjelang Idul Fitri 1439 Hijriah Kakanwil meng­himbau seluruh lapisan masyarakat agar sesantiasa menjaga suasana Idul Fitri yang kondusif dan mengarahkan energirnya untuk hal -hal positif seperti seperti bersedekah, saling memaafkan satu dengan yang lain. Karena tanpa disadari bisa jadi telah terjadi gesekan dan sikap saling menyakiti sesama saudara sebangsa, seiman atau bahkan sedarah.

Menurutnya,gesekan -gesekan itu bisa saja muncul akibat terbujuk nafsu jemari untuk memviralkan kabar yang memicu permusuhan. Tidakan seperti ini sama halnya memutus tali silaturahim dan termasuk perbuatan yang dibenci Tuhan.

”Kendalikan jemari, ubahlah sikap dengan memperbanyak senyum dan berbagi nikmat. Damaikan hati, tenteramkan jiwa, cerdaskan pikiran agar kita memperoleh rahmat-Nya. Bahagiakan sesama, maka kita akan lebih merasa bahagia,”tutur Kakanwil.

“Suka dan duka telah kita lalui bersama. Meski seringkali terjadi perbedaan, bahkan seakan terjadi perseteruan, tetapi kita bersyukur masih menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan bersepakat menjaga persatuan dan kesatuan dalam bingkai bangsa,” tambahnya.

Dia menegaskan, dinamika informasi saat ini berkembang demikian cepat. Setiap orang kini tumbuh menjadi pribadi-pribadi mandiri dalam memproduksi berbagi informasi melalui smartphone masing-masing.

Mengantisipasi itu masyarakat Maluku harus selalu menjaga “Jihad Informasi” sebagai wujud ekspresi beragama secara positif.”Mari kita tata nalar agar senantiasa berdiri di atas kebenaran dalam menyikapi berbagai informasi maupun ekspresi. Menjaga nalar seperti ini tentu juga menjadi pesan dan ajaran semua agama, bahkan dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa, menyingkirkan batu yang membahayakan di jalan itu adalah sebagian dari iman,”paparnya.

Kakanwil juga berharap agar kesucian Bulan Ramadhan ini terus dirawat dengan saling menge­depankan kasih sayang, saling menghargai satu sama lain.”Jangan mengotori kesucian ramadhan dengan berbalap balapan di malam takbir yang dapat mengganggu ketenangan orang lain karena balap-balapan, bukan termasuk ibadah tetapi perbuatan yang di larang oleh agama,” tegasnya.

Diharapkan pula, kepada seluruh umat muslim di Maluku agar melaksanakan malam takbiran di mesjid masing-masing atau memakmurkan mesjid masing-masing dan saling bersilaturahmi dengan keluarga, tetangga serta kerabat.Sedangkan untuk seluruh umat beragama, ia mengajak untuk terus mengedepankan toleransi dan kedamaian. Mengembalikan fungsi agama sebagai pemersatu hubungan persaudaraan antar sesama manusia.

“Kepada umat Islam, saya mengucapkan Selamat Hari Raya Idhul Fitri 1 syawal 1439 Hijriyah / 2018 Masehi. Muslim yang baik adalah muslim yang meminta maaf.Muslim yang baik adalah muslim yang memberi maaf. Saling memaafkan adalah pintu kebahagiaan. Minal aidin wal faidzin, mohon maaf lahir dan bathin,”demikian Kakanwil Agama. (CIK)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top