AMBONESIA

Kelola Perikanan, Disperindag Maluku Gaet Pengusaha Aru

RakyatMaluku.com – DINAS Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Maluku bekerjasama dengan salah satu pengusaha di Kabupaten Aru, untuk mengembalikan program ekspor perikanan, yang selama ini belum optimal pengelolaannya.

Selanjutnya, lewat kerjasama ini, pihak Disperindag Maluku memberikan kepercayaan penuh kepada pengusaha tersebut, untuk mengelola perikanan di Kabupaten Kepulauan Aru dan Kota Tual. Demikian diungkapkan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Maluku, Elvis Pattiselanno, kepada wartawan kemarin.

Disperindag Maluku sendiri difasilitasi oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Maluku, Romelus Farfar. Selanjutnya, dengan kerjasama ini, pihaknya akan memperbaiki program ekspor perikanan di Maluku di masa mendatang, melalui program ekspor perikanan langsung dari Dobo dan Tual.

Kata dia, perkembangan ekspor dari Kota Tual dan Dobo diketahui bahwa, dari Dobo sendiri sudah dilakukan kegiatan ekspor ikan hidup sebanyak dua kali. Dijelaskan, proses ekspor tersebut PAB-nya ditutup di Bea dan Cukai Tual dengan tujuan ke Negara Cina sudah dilakukan sebanyak dua kali. Selain itu, pihaknya sudah melakukan pertemuan bersama dengan beberapa pengusaha di Dobo yang difasilitasi oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Maluku, Romelus Far Far.

Menurut dia, direncanakan dalam bulan Mei ini, akan diupayakan agar dilakukan lagi kegiatan ekspor dari Dobo untuk ikan beku. “Itu yang sementara kita upayakan. Mudah-mudahan semua itu bisa jalan dengan baik dan lancar.” Lebih lanjut dia menjelaskan, pihaknya akan terus berupaya untuk memajukan kegiatan ekspor di Maluku. Tentunya, untuk memajukan kegiatan ekspor tersebut pihaknya terus melakukan koordinasi bersama instansi terkait, agar proses ekspor dapat berjalan dengan baik. (YAS)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top