GERBANG PENDIDIKAN

Kemenag SBT Tuan Rumah KSM Tingkat Provinsi 2019

RakyatMaluku.com – KANTOR Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) ditetapkan sebagai tuan rumah pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Provinsi Maluku, Tahun 2019 mendatang. Keputusan itu ditetapkan usai hasil pelaksanaan seleksi KSM tingkat Provinsi Maluku yang diselenggarakan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Maluku Tengah di Tulehu, beberapa waktu lalu.

Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku, M. Hanafi Rumatiga mengungkapkan, seleksi KSM tingkat Provinsi di Kabupaten Seram Bagian Timur nantinya dirangkaikan dengan launching Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) bagi Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) Kelautan, Kabupaten SBT.

”Nanti ajang pembukaan seleksi KSM di Kabupaten SBT kita gelar berbeda dengan pembukaan seleksi KSM di Kabupaten Maluku Tengah. Sebab, didalam rangkaian kegiatan juga diselipkan launching penerimaan siswa baru bagi MAK Kelautan SBT,”ungkap Rumatiga, Selasa, 7 Agustus.

Menurut Dia, launching pembukaan penerimaan siswa baru MAK Kelautan digelar bersamaan dengan pembukaan seleksi KSM memiliki peran startegis. Sebab, lewat kesempatan itu, kehadiran MAK Kelautan dapat disosialisasikan secara merata kepada seluruh kabupaten/kota di Maluku.”Seluruh siswa peserta dari kabupaten/kota mulai dari jenjang MI, MTs dan MA akan hadir. Nah, ini kesempatan kita promosikan,”tutur Rumatiga.

Selain sebagai ajang promosi MAK Kelautan SBT, momentum seleksi KSM Tingkat Provinsi itu juga dijadikan sebagai wadah untuk mengeksplore potensi pariwisata yang ada di bumi berjuluk, Ita Wotu Nusa itu.

Mantan Kasubag Kepegawaian Kanwil Kemenag Maluku ini menguraikan, pembangunan MAK Kelautan di Kabupaten Seram Bagian Timur atas pertimbangan bahawa daerah itu merupakan salah satu lokasi Lumbung Ikan Nasional (LIN). Tujuannya, menciptakan generasi yang mampu mengelola hasil perikanan.”Kemenag Maluku juga sudah berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten setempat dan siap bekerja sama,”urai Rumatiga. (CIK)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top