KESEHATAN

Kenali Manfaat Siwak, Pembersih Gigi Alami Sesuai Ajaran Nabi

SAAT puasa, menahan asupan dari mulai imsak hingga Magrib membuat seseorang harus menjaga kesehatan gigi dan mulutnya. Alangkah lebih baik bila bahan dan kandungan yang digunakan saat membersihkan gigi sebisa mungkin mengikuti ajaran Nabi Muhammad SAW. Salah satunya adalah siwak.

Siwak, salah satu bahan alami yang telah lama dipercaya sejak lama untuk mengatasi masalah kesehatan mulut dan gigi. Tanaman dengan batang bengkok berbau khas ini efektif dalam menghilangkan endapan plak dan menjaga kebersihan mulut.

Siwak berasal dari tanaman yang disebut salvadore persica yang tumbuh di sekitar Mekkah dan di Timur Tengah. Beberapa hadits menyebutkan manfaat siwak dalam menjaga kebersihan mulut.

Oleh karena itu, siwak telah digunakan secara luas di kalangan umat Islam sejak Nabi Muhammad SAW, seperti ada tertulis dalam Hadits Riwayat Bukhari, “Dari Hudzaifah ibnul Yaman Radhiyallahu ‘anhu, dia pun berkata: Adalah Rasulullah jika bangun dari malam dia mencuci menggosok mulutnya (dengan) siwak.”

Hingga kini, siwak sangat dianjurkan dalam program kesehatan gigi preventif di negara-negara Muslim. “Mengenai siwak ini ditulis juga dalam Hadits shahih riwayat Ahmad yang berkata bahwa siwak merupakan kebersihan bagi mulut dan keridhaan bagi Rabb,” kata Ketua Umum BKMT (Badan Kontak Majelis Taklim) Syifa Fauzia dalam peluncuran Sasha Halal Toothpaste yang merupakan pasta gigi pertama di Indonesia dengan serpihan siwak asli dan ekstrak daun sirih, Jumat (18/5).

Syifa mengatakan, bersiwak adalah salah satu sunnah Nabi yang keutamaan dan dorongan untuk melakukannya terdapat dalam beberapa hadits yang banyak jumlahnya. Adapun penjelasan beberapa hadits tersebut mencakup setiap alat yang bisa digunakan untuk membersihkan gigi, jika memang dengan alat tersebut tercapai tujuan kebersihan gigi dan dilakukan dengan niat melaksanakan sunnah siwak. (ika/JawaPos)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top