NEWS UPDATE

Kerusuhan Jelang Pemilu Hanya Hoax, Jangan Percaya

Masyuri Maswatu

JELANG pemilihan umum, Pengurus Wilayah Gerapan Pemuda (PW.GP) Ansor Maluku mengajak masyarakat tak terpengaruh isu-isu provokatif yang sengaja dihembuskan orang-orang tak bertanggungjawab.

GP. Ansor memandang fenomena maraknya hoax, fitnah dan ujaran kebencian telah mengakibatkan masyarakat terbelah dan mulai timbul rasa saling tidak percaya ditengah masyarakat. Jika hal ini dibiarkan terus berlangsung maka akan merusakan tatanan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.  

Hoax, fitnah dan ujaran kebencian juga sangat mempengaruhi partisipasi pemilih nantinya. Bahkan berdasarkan survei terbaru, partisipasi pemilih di Pileg dan Pilpres 2019 tak cukup 75 persen, angka ini tentu kurang baik untuk demokrasi.

” GP. Ansor meminta masyarakat tidak mempercayai isu-isu akan adanya kerusahan menjelang, saat dan pasca hari pencoblosan, dan tidak perlu takut,” kata Masyuri Maswatu kepada wartawan, Minggu 31 Maret 2019.

Masyuri  juga menghimbau masyarakat tak perlu ragu datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS)  masing-masing untuk menggunakan hak pilih pada tanggal 17 April nanti, tidak perlu takut dengan intimidasi dari kelompok tertentu.

“Memilih adalah hak warga negara, jika tidak menggunakan hak itu, masyarakat yang rugi sendiri. Siapapun presiden yang terpilih dia tetap Presiden Indonesia,” kata Masyuri.

Pada kesempatan itu, GP. Ansor Maluku juga mendeklarasikan gerakan Rabu Putih, gerakan pengawalan TPS yang akan dilakukan secara serentak oleh relawan GP.Ansor di TPS yang tersebar seluruh Indonesia.

Menurut Masyuri, gerakan yang dilakukan GP.Ansor bertujuan memaksimalkan tingkat partisipasi pemilih Indonesia agar mereka dapat menggunakan hak pilihnya mencoblos di tanggal 17 April 2019 secara bebas dan nyaman tanpa rasa takut, merasa intimidasi oleh kelompok manapun.  

Pimpinan Pusat GP. Ansor juga sudah mengintruksikan kepada seluruh GP. Ansor dan Banser untuk membantu Polri dan TNI mengamankan situassi hari pemungutan suara dan penghitungan suara di TPS-TPS seluruh Indonesia.

“GP. Ansor ikut mendorong sekaligus percaya Polri dibantu TNI bertindak profesional dalam menjamin stabilitas politik dan keamanan Pemilu 2019,” tekan Masyuri. (ARI)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top