AMBONESIA

Ketua Ansor Maluku Apresiasi Kinerja Kapolda

Daim Baco Rahawarin

– Daim: Isu Maluku Rawan Konflik Pilkada Tidak Benar

RakyatMaluku.com – KETUA Pimpinan Wilayah Ansor Maluku, Daim Baco Rahawarin, memberikan apresiasi penuh kepada kinerja Polda Maluku, dalam mengawal instabilitas keamanan, selama berlangsungnya Pilkada Maluku, sejak 27 Juni 2018 kemarin, hingga saat ini.

Di mana, dalam proses berlangsungnya Pilkada Maluku, tidak ditemukan adanya pelanggaran Kamtibmas, yang berdampak kepada terhambatnya proses Pilkada. Semua kondisi ini, tidak lain karena kerja keras aparat kepolisian, yang dipimpin langsung oleh Kapolda Maluku, IrjenPol Andap Budhi Revianto. Hal ini disampaikan Daim kepada wartawan di Kota Ambon, Selasa, 3 Juli 2018.

Menurut Daim, keamanan pada proses Pilkada Maluku saat ini, jauh lebih baik dari proses Pilkada tahun-tahun sebelumnya. Di mana, selain kondisi keamanan yang kondusif jauh lebih baik, juga tidak ditemukan adanya pelanggaran Pilkada, yang berdampak pada kerugian masyarakat. Semua proses berjalan dengan baik sejak dari masa kampanye, hingga pemilihan, dan kini masuk pada tahapan proses perhitungan suara.

Sebab itu, menurut Daim, Pengurus Wilayah Gerakan Pemuda (PW-GP) Ansor Maluku patut memberikan mengapresiasi terbaik kepada Polda Maluku yang telah sukses mengamankan proses pemungutan suara. Di mana, kata dia, aparat keamanan baik dari TNI maupun Polri, telah sukses mengawal proses Pilkada di Maluku dengan baik, dan telah menciptakan kondisi keamanan yang baik di masyarakat. Bagi dia, terciptanya Pilkada aman dan damai di Maluku, merupakan bukti adanya demokrasi di Maluku, yang kian mulai terwujud.

“Kita tahu bahwa sebelumnya, Maluku masuk dalam kawasan rawan konflik di Pilkada 2018. Tapi, kenyataannya potensi konflik Pilkada di Maluku terminimalisir. Bahkan tidak ada potensi kegaduhan yang mengganggu jalannya proses pemungutan suara.” Kata dia, tingkat kesadaran masyarakat dalam menjaga kamtibmas juga sangat membantu kerja kepolisian.

Sehingga opini Maluku sebagai daerah rawan konflik di Pilkada 2018 itu dapat terbantahkan dengan realitas di lapangan. Tak hanya itu, bahkan kerja kepolisian dibawah pimpinan Kapolda Maluku, Irjen Polisi Andap Budhi Revianto itu juga dinilai cepat merespon bencana banjir dan longsor akibat hujan deras yang melanda Kota Ambon beberapa hari lalu.

“Upaya kepolisian yang cepat merespon berbagai potensi gangguan kamtibmas dan membantu mengevakuasi para korban bencana di kota Ambon merupakan satu langkah maju bagi instansi tersebut,” tutup dia. (R1)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top