Uncategorized

Kloter 13 Ambon Tiba Di Makkah, Korseksus Minta Jaga Kekompakan

KEDATANGAN Kloter 13 Maluku berjumlah 450 orang dari Kota Madinah yang didominasi oleh Jamaah Calon Haji (JCH) Kota Ambon secara langsung diterima oleh petugas PPIH Arab Saudi Sektor 2 Makkah, tepatnya di bus pertama pada pukul 08.30 WAS, kemarin. Inilah kloter Maluku yang didominasi jamaah asal Ambon itu. Mereka diminta agar menjaga kekompakan antara ketua kloter dengan petugas haji.

“Ini termasuk kloter utuh Maluku. Kalau di Kloter 12 dan 14 masih banyak dicampur jamaah dari kabupaten/kota lain di Kloter 13 dominan dikuasai JCH asal Ambon. Dalam hal kekompakan tim, Kloter 13 telah memperlihatkan kerja-kerja mereka dengan baik. Kekompakan dalam tim sangat penting dijaga terutama para petugas baik TPHI,TPIHI TKHD dan TPHD,” ujar Koordinator Sektor Khusus (Korseksus) Daker Makkah, H.M.Yamin, Spd.M.PdI, kepada RakyatMaluku.com di Kota Makkah, tadi malam.

Dikatakan, fungsi koordinasi petugas haji sangat diperlukan dan menentukan terutama menyangkut laporan informasi yang disampaikan terkait kondisi jamaah. 

“Penting di sini bisa menyangkut soal kesehatan dan kondisi lain termasuk tentang keberadaan jamaah saat berada di lokasi-lokasi tempat ibadah dan tempat ziarah,” ujarnya. 

Kloter 13 Kota Ambon sendiri, kata Yamin, telah menunjukkan kekompakan antar tim. “Koordinasi melalui sarana komunikasi sangat mendukung. Kita bisa memantau langsung perkembangan jamaah bisa melalui WA atau sarana lain,” ujarnya.

Menurut Yamin, masalah ibadah jamaah  sangat utama bahkan menjadi priority baik menyangkut pelayanan, pembinaan serta perlindungan oleh semua petugas haji yang ada di Arab Saudi.

Hal inilah yang perlu dilakukan oleh petugas kloter. Dikatakan, Kloter 12, 13, dan 14, asal Maluku harus mampu mewujudkan hal ini. Dengan jalan mendata dan memetakan jamaah berdasarkan kondisi kesehatannya. 

“Ini untuk memudahkan pengawasan oleh para dokter dan perawat yang berfungsi mengontrol kesehatan jamaah,” ujar M.Yamin yang juga adalah Kabid Haji dan Umrah Kanwil Kementerian Agama Provinsi Maluku, itu.

Kepada seluruh ketua kloter, ketua rombongan, dan ketua regu dia menyarankan agar selalu menjaga hal ini. Sebab, saat ini kita sedang memasuki masa-masa membludaknya jamaah menjelang hari H pelaksanaan wukuf di Arafah.

Kepada para pembimbing haji yang bertugas agar mengontrol pelaksanaan ibadah jamaah. Dan, harus pula secara intens mengikuti pelaksanaan mereka sampai sejauh mana aktivitas ibadah berupa tawaf, sai, tahalulm “Apakah mereka telah menjalankan dengan baik termasuk pemahaman mereka menyangkut kegiatan perhajian,” ujarnya.

“Namun demikian, perlu kita syukuri bahwa Kloter 13 UPG telah tiba dengan selamat di Kota Makkah dan sudah melakukan rangkaian ibadah berupa umrah haji Tamattu. Walaupun ada lebih sembilan jamaah harus menggunakan kursi roda untuk menyelesaikan rangkaian ibadah dimaksud, namun seluruh rangkaian bisa berjalan baik,” kata dia.(DIB)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top