AMBONESIA

Komitmen Bangun Pariwisata, Ambon Dapat Penghargaan YOWITA

RakyatMaluku.com – PEMERINTAH Kota (Pemkot) Ambon menerima penghargaan Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Award (YOWITA) tahun 2018. Penghargaan tersebut diberikan kepada kota Ambon lantaran dinilai merupakan kota yang serius dan berkomitmen dalam mengembangkan sektor pariwisata di Ambon.

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Staf Ahli Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Reydonnyzar Moenek kepada Walikota Ambon, Richard Louhenapessy, di Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata dan Kebudayaan RI.

Kota Ambon mendapat penghargaan YOWITA pada kategori Kabupaten/Kota terbaik se-Provinsi Maluku. Penghargaan itu diberikan kepada Kabupaten/Kota yang memiliki Komitmen, performansi, inovasi, kreasi dan leadership dalam membangun pariwisata daerah. Hal ini disampaikan Ketua Dewan Juri YOWITA, Didien Djunaedy.

Dijelaskan, Proses penilaiannya dilakukan sejak bulan Januari sampai dengan bulan April lalu dengan mengumpulkan data kinerja dari 514 kabupaten/kota yang berkaitan dengan sektor pariwisata melalui 4 indikator.
Mendagri dalam sambutan yang dibacakan Staf Ahli Mendagri Reydonnyzar Moenek mengatakan, pihaknya memandang penghargaan tersebut memiliki nilai strategis yang merupakan komitmen bersama dan kerjasama untuk membangun pariwisata, baik dari stakeholder di daerah maupun pusat.

“Pariwisata berhasil memberikan dampak multiplayer. Pemerintah Pusat dan pemerintah daerah sementara terus giat-giatnya mengembangkan dan meningkatkan sektor pariwisata,” kata dia.

Penghargaan yang diberikan itu merupakan komitmen mereka untuk membangun pariwisata yang nantinya berdampak pada meningkatkannya pendapatan ekonomi daerah. Karena diperkirakan nantinya akan ada 17 juta wisatawan yang mengunjungi Indonesia dalam tahun ini.

“Untuk itu, kabupaten/kota terus berkomiten untuk meningkatkan peran kepala daerah dalam meningkatkan pariwisata di daerah masing-masing.”

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Kebudayaan (Menparbud) RI, Arief Yahya dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada semua Kepala Daerah yang telah meningkatkan sektor pariwisata di daerah masing-masing.

“Penghargaan itu penting kalau kita ingin jadi pemain dunia harus menggunakan global standars. Penghargaan atau award itu memiliki unsur 3C yakni, calibration (kalibrasi), confidence (kepercayaan diri), credibility (kredibilitas),” jelas Arief.

Dikatakan, kesuksesan suatu daerah itu terletak karena unsur 3 A, yaitu Atraksi, Aksestabilitas dan Amenitas. Kementerian Pariwisata dan Kebudayaan menargetkan 20 juta wisatawan yang akan mengunjungi Indonesia di tahun 2019.

Untuk mencapai target tersebut, Menparbud menghimbau kepada semua Kepala Daerah untuk memelihara dan memperbaiki infrastruktur penunjang pariwisata (aksestabilitas) yang ada di daerah masing-masing. Walikota Ambon, mengatakan, Kota Ambon sendiri akan terus berupaya untuk mengembangkan berbagai sektor pariwisata yang ada di Ambon dalam rangka untuk dapat mewujudkan destinasi wisata tahun 2020.

“Kita menargetkan di tahun 2020 mendatang, Kota Ambon sudah bisa mewujudkan destinasi pariwisata. Dan kami sangat yakin karena tidak sedikit potensi pariwisata dikota Ambon untuk dikembangkan kemudian,” tandas Richard. (R1)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top