Uncategorized

Konser Vinculos 2018 Pukau Masyarakat Ambon

KELOMPOK orkestra Ocas dari Spanyol berhasil memukau mayarakat Ambon dalam konser bertajuk Vinculos for Indonesia 2018 di Lapangan Merdeka, Sabtu (4/8). Mereka menampilkan kolaborasi harmonis bersama 70 musisi paduan alat musik tahuri dari Negeri Hutumuri, Leitimur Selatan yang dipimpin Carolis Elias Horhoruw.

Ocas dan musisi muda Tahuri membawakan tiga lagu khas Maluku berjudul Ayo Mama, Huhate dan Goro-Gorone. Selain itu, Ocas juga menampilkan sejumlah komposisi klasik Spanyol, Kuba, dan lagu bernuansa tari flamengo.
Setelah ini, Ocas melanjutkan konser ke tiga daerah di Sulawesi Tengah, yakni Palu, Kabupaten Sigi, dan Parigi Moutong pada 5-14 Agustus.

Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Nadjamuddin Ramly mengatakan, konser itu bertujuan menebarkan semangat solidaritas, perdamaian, dan persatuan dalam kemajemukan.

“Vinculos untuk Indonesia 2018 dihelat di Kota Ambon sebagai upaya mendukung ditetapkannya Ambon sebagai Kota Musik Dunia oleh UNESCO pada tahun 2019 mendatang,” kata Nadjamuddin. Nadjamuddin menjelaskan, kegiatan ini juga menandai peringatan 60 tahun hubungan diplomatik yang telah terjalin baik antara Republik Indonesia dan Pemerintah Kerajaan Spanyol.

Sementara itu, Staf Kedutaan Besar Spanyol untuk Indonesia Beatriz Chivite merasa terhormat bisa hadir di Ambon.
“Lawatan kelompok orkestra Ocas dalam konser Vinculos Untuk Indonesia merupakan cerminan hubungan kedua negara yang semakin harmonis dan kuat,” kata Beatriz. Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy mengatakan juga berterima kasih atas digelarnya konser terbuka itu.

“Ambon patut dinobatkan sebagai Kota Musik Dunia oleh UNESCO pada tahun 2019 nanti,” kata Richard.

Direktur sekaligus konduktor musik Ocas Manuel Vasquez mengatakan, penampilan mereka bersama musisi Tahuri Hatumuri adalah pengalaman paling berkesan. “Ambon punya banyak potensi musik yang sangat istimewa. Ambon harus memiliki orkestra yang baik dan bagus,” kata Vasquez. (jos/jpnn)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top