NEWS UPDATE

KPU Distribusi Logistik Pilkada Maluku

PENDISTRIBUSIAN LOGISTIK. Sejumlah Buruh Bagasi membawa kotak suara saat pendistribusian menggunakan KM Tatamailau di Pelabuhan Yos Sudarso, Ambon, Sabtu 23 Juni 2018. KPU Kabupen Maluku Tengah mengirimkan 39 kotak surat ke Kecamatan Banda dan selanjutnya akan dikirim ke Kelurahan/Desa sebagai persiapan Pemilukada Maluku pada tanggal 27 Juni mendatang.

RakyatMaluku.com – BILA tak ada aral, Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di Indonesia, termasuk di Provinsi Maluku akan digelar pada tanggal 27 Juni 2017 lusa. Demi mendukung kelancaran Pilkada dimaksud, maka Komisi Pemilihan Umum (KPU) di daerah ini tengah mendistribusikan sejumlah kebutuhan pelaksanaan Pilkada berupa logistik.

Salah satunya di kawasan Kecamatan Pulau Banda, Kabupaten Maluku Tengah, yang didistribusikan via Kapal Pelni dari Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, menuju Kecamatan Banda, oleh KPU Kabupaten Maluku Tengah, pada Sabtu, 23 Juni kemarin.

Kendati Pilkada baru akan digelar pada tanggal 27 Juni lusa, namun, pendistribusian logistik Pilkada ini harus dilakukan lebih awal, mengingat jaraknya lintas pulau. Pasalnya, daerah kepulauan sulit dijangkau dalam waktu yang singkat, dan untuk mencegah agar tidak terjadi hambatan, maka dihantarkan dari sekarang jauh lebih baik, untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, seperti gangguan cuaca alam, dan sebagainya. Sejumlah logistik Pilgub Maluku itu diangkut dengan menggunakan kapal Pelni KM. Tatamailau menuju pulau Banda kabupaten Maluku Tengah (Malteng) yang dikawal ketat oleh sejumlah personil aparat kepolisian.

Distribusi logistik Pilgub Maluku ke pulau Banda Kabupaten Malteng itu, dilakukan lebih awal dikarenakan kawasan Pulau Banda, termasuk daerah terpencil yang akses transportasinya sulit dijangkau. Hal ini disampaikan staf sekretariat KPU Kabupaten Maluku Tengah, La Ode Husni kepada. “Ada sebanyak 39 kotak suara yang kita distribusikan ke kawasan pulau Banda hari ini. Kita lakukan ini lebih awal, mengingat sulitnya transportasi. Sehingga harus memanfaatkan jadwal kapal untuk pendistribusian,” ujar La Ode Husni.

Menurut dia, pendistribusian logistik ini sengaja dilakukan menggunakan kapal besar guna menghindari dampak cuaca yang sementara dikatakan ekstrim saat ini melanda wilayah perairan Maluku. Kata dia, KPU Maluku juga pada pekan lalu telah mendistribusikan logistik Pemilu lebih awal pada daerah kepulauan dan terpencil lainnya. “Pekan kemarin, KPU telah distribusikan logistik ke Kabupaten Kepulauan Aru, Kabupaten Seram Bagian Timur, Maluku Barat Daya, Maluku Tenggara Barat, Kota Tual dan Maluku Tenggara,” singkat dia. (R1)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top