NEWS UPDATE

KPU Maluku Gelar Simulasi Pelipatan Surat Suara DPD RI

VALIDASI SURAT SUARA. Suasana kegiatan validasi surat suara Calon Anggota Perseorangan DPD RI Dapil Wilayah Maluku dalam Pemilu 2019 yang berlangsung di Ruang Rapat lt.2 Kantor KPUD Maluku, Kamis 24 Januari 2019. (MOHAS AMIR)

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku melaksanakan simulasi pelipatan kertas sura Calon Anggota DPD RI 2019 yang dilaksanakan di aula KPU Maluku, Tantui, Kamis 24 Januari 2019.

Kegiatan yang dihadiri Biro Teknis dan Masyarakat KPU RI, M. Fatahihul H, Ketua KPU Maluku, Syamsul Rifan Kubangun, Komisioner KPU Maluku La Alwi dan LO atau penghubung dari masing-masing Caleg DPD RI 

Dalam sambutannya, Ketua KPU Maluku, mengakui kegiatan ini hanya untuk peragaan cara pelipatan surat suara dan penunjukan ukuran surat suara yang baru.

“Acara hari ini hanya akan dilaksanakan peragaan cara pelipatan Surat suara dan penunjukan ukuran surat suara yang baru,” kata Syamsul.

Menurutnya, pelaksanaan sosialisasi tatacara pelipatan surat suara dan ukuran kertas suara yang baru harus segera dilaksanakan karena akan menentukan proses percetakan surat suara di pusat.

“Pelaksanaan sosialisasi harus segera dilakukan karena akan menentukan proses percetakan,” ujarnya.

Adanya perubahan Surat suara  untuk DPD RI,lanjut Rifan, semula berukuran 58-49 cm menjadi 41-64 cm. Adapun Surat Suara yang bermasalah yaitu di Prov. Maluku, Gorontalo, Jawa Timur dan Sulawesi Barat.

Sementara menurut Fatihihul perwakilan Biro Teknis dan Masyarakat KPU RI, persoalan teknis yang menyangkut dengan surat suara maupun teknis lainnya yang berkaitan dengan proses pemilu guna mempercepat proses pencetakan surat suara di pusat.

Usai sambutan, proses penandatangan persetujuan ulang surat suara dari LO yang dipandu lansung KPU Provinsi Maluku, dan proses simulasi pelipatan surat suara oleh perwakilan KPU RI. (ASI)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top