NEWS UPDATE

KPU Maluku Tunggu Keputusan KPU Tanimbar

Kotak suara di Kabupaten Kepulauan Tanimbar yang batal di distribusi di 17 TPS, Rabu 17 April 2019

PEMILIH  yang mendiami Kecamatan Tanimbar Selatan Kabupaten Kepulauan Tanimbar – Maluku, masih belum menyalurkan hak suara mereka hingga batas akhir jam pencoblosan, Rabu 17 April 2019.

Ini akibat, kotak suara yang mestinya sudah berada di 17 Tempat Pemungutan Suara (TPS) se-Kecamatan Tanimbar Selatan masih berada di gudang logistik KPU Tanimbar hingga pukul 14.00 WIT.

Komisioner KPU Provinsi Maluku Almudatsir Sangadji yang dikonfirmasi juga belum dapat memastikan nasib warga di Tanimbar yang belum memberikan hak suara.

“Kami masih menunggu keputusan KPU Tanimbar seperti apa,” ujar Sangadji.

Akan tetapi, sesuai Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017, situasi yang terjadi di Tanimbar masih dapat ditolelir. Sehingga warga yang belum menyalurkan hak suara masih punya kesempatan untuk mencoblos.

Menurutnya, sesuai informasi awal yang mereka dapatkan, ada kendala dalam pelipatan 19000 surat suara di KPU Tanimbar yang baru tiba Selasa 16 April 2019. Sehingga pendistribusian kotak suara terhambat.

“Akan kami informasikan lagi jika sudah ada keputusan KPU disana, karna sesuai UU, situasi seperti yang ada menjadi kewenangan KPU/Kabupaten/Kota,” katanya.

Sebelumnya, pada pukul 10.00 WIT, KPU Tanimbar baru memulai pendistribusian kertas suara ke kecamatam-kecamatan.
Keterlambatan pendistribusian logistik ke TPS karena jumlah surat suara tambahan yang baru tiba terlalu banyak tidak sebanding dengan tenaga yang tersedia.(ARI)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top