NEWS UPDATE

Kunci Jaga Kondusifitas Kamtibmas Adalah Silaturahmi

Rapat Koordinasi Kamtibmas Pasca Pemilu 2019, yang berlangsung di Kantor Desa Batumerah, Senin, 27 Mei 2019.

Rapat Koordinasi Kamtibmas Negeri Batumerah

PEMERINTAH Negeri Batumerah, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, menggelar Rapat Koordinasi Kamtibmas Pasca Pemilu 2019, yang berlangsung di Kantor Desa Batumerah, Senin, 27 Mei 2019.

Selain rapat koordinasi, acara yang bertemakan “Dengan Keberkahan Ramadhan, Kita Eratkan Kembali Semangat Kebangsaan, Pela Gandong dan Solidaritas Antar Pemangku Kepentingan Di Negeri Batumerah” itu juga dirangkai dengan acara buka puasa bersama Gandong dari Negeri Ema, Kecamatan Leitimur Selatan, Kota Ambon.

Turut hadir dalam acara tersebut, Camat Sirimau Megy M. Lekatompessy, S.STP, M.Si, Danramil 1504-02 Sirimau Mayor Inf. Ibrahim Amin, S.Pd, Kapolsek Sirimau AKP. Mido J. Manik, S.Ik, Pejabat Kepala Pemerintahan Negeri Batumerah Fenly Masawoy, Kepala Saniri Negeri Batumerah Salem Tahalua, Wakil Ketua Pemuda Negeri Batumerah Hairun Hatala, seluruh ketua RT/RW dilingkup Pemerintah Negeri Batumerah.

Camat Sirimau Megy M. Lekatompessy, dalam sambutannya mengatakan, kunci menjaga kondusifitas keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) adalah silaturahmi, yakni membangun komunikasi yang positif dilingkungan sekitar.

“Menjaga kamtibmas di lingkungan merupakan hal yang paling penting. Jadi, kalau kita bisa menjaga silaturahmi ini dengan baik, saya yakin semua persoalan akan terselesaikan dengan aman dan cepat,” tuturnya.

Terkait pemberitaan hoax usai pemilu, lanjut Megy, masyarakat diminta untuk lebih jeli melihat kebenaran sumber informasinya. Sebab, tujuan dari disebarluaskannya berita hoax tersebtu untuk memecah belah persatuan dan kesatuan.

“Kita harus lebih jeli melihatnya, dengan mengkonfirmasikan dengan sumber-sumber yang dapat dipercaya dan dipertanggung jawabkan. Dan saya harap jika ada berita hoax, baiknya sampai di kita saja, jangan lagi kita sebarluaskan,” jelasnya.

Di akhir sambutannya, Ia mengucapkan terima kasih kepada pihak keamanan Babinkamtibmas dari Polri dan Babinsa dari TNI, terutama seluruh masyarakat Negeri Batumerah atas partisipasinya dalam menjaga kamtibmas di momentum pemilu 2019.

“Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang turut serat terlibat dalam menjaga kamtibmas menjelang dan sesudah pemilu 2019. Siapapun pemimpin kita yang sudah diumumkan KPU, saya yakin itu bagian dari kehendak Tuhan,” tutup Megy.

Hal senada juga disampaikan Danramil 1504-02 Sirimau Mayor Inf. Ibrahim Amin. Menurutnya, sesuai amanat UUD 1945 disebutkan bahwa masyarakat wajib terlibat dalam menjaga keamanan dan ketahanan negara.

“Perlu saya ingatkan bahwa jika bicara tentang kamtibmas, maka semua komponen masyarakat wajib terlibat, ini amanat UUD 1945,” tandasnya.

Ia juga menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak melanggar aturan yang sudah dibuat atau ditetapkan dilingkungan. Hal itu demi menjaga kamtibmas.

“Di setiap daerah pasti ada aturan yang dibuat oleh pemerintah desa setempat serta RT/ RW guna menjaga kamtibmas di lingkungannya. Nah, saya harap semua masyarakat dapat mentaati aturan tersebut. Sehingga kamtibmas dapat terus terjaga,” himbau Mayor Inf. Ibrahim Amin.

Dikesempatan yang sama, Kapolsek Sirimau AKP. Mido J. Manik, juga mengajak masyarakat tentang pentingnya menjaga kamtibmas. Jika ada ancaman gangguan kamtibmas, Ia minta masyarakat agar segera meminta bantuan Babinkamtibmas dan Babinsa setempat untuk ditindaklanjuti.

“Terkait masalah kamtibmas, saya minta kepada semua pihak mari kita jaga kamtibmas ini. Sebab, harus ada keterlibatan semua komponen masyarakat.

“Dan untuk penyebaran berita hoax, kaki mohon setiap masyarakat dapat mencermati setiap informasi yang diterima, jangan langsung dipercaya apalagi ikut menyebarluaskannya,” tambahnya.

Diawal acara, Pejabat Kepala Pemerintah Negeri Batumerah Fenly Masawoy, mengatakan, rapat koordinasi kamtibmas pasca pemilu 2019 merupakan bagian dari kegiatan Pemerintah Negeri Batumetah, yang bertujuan untuk menyatukan kembali nilai-nilai kebangsaan dan nilai Pela-Gandong.

Ia juga mengucapkan terima kasih terhadap pemangku kepentingan yang terlibat dalam pelaksanaan pemilu 2019, khususnya di lingkup Pemerintah Negeri Batumerah. 

“Akhirnya proses pemilu dapat berjalan dengan baik. Artinya kesadaran atau partisipasi masyarakat kita dalam berpolitik sudah meningkat dari tahun sebelumnya,” katanya.

Dijelaskan, pentingnya menjaga kamtibmas usai pemilu 2019 untuk menangkal berbagai macam isu serta berita hoax yang terus berkembang melalui media sosial. Sebab, usai pemilu banyak berita hoax yang disebarluaskan untuk memecah belah persatuan dan kesatuan.

“Kita semua tau bahwa banyak isu yang berkembang usai pemilu dan usai penetapan putusan KPU RI. Tentunya masalah kamtibmas ini harus dijaga dengan baik. Dan saya harap tugas kamtibmas tidak hanya ada saat momentum pemilu saja, tetapi harus terus berjalan dengan meningkatkan koordinasi dan komunikasi antar pemangku kepentingan,” jelas Fenly. (RIO)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top