NEWS UPDATE

Longsor, Akses Jalan di Kilang Terputus

War­- ga terlihat berada di sekitar jalan ambrol di kawasan Asawang, Negeri Kilang, Kecamatan Leitimur Selatan, Sabtu 19 Mei 2018.

RakyatMaluku.com – HUJAN yang mengguyur Kota Amon terus menerus da­lam be­berapa hari terakhir meng­aki­batkan terjadinya longsor pa­da sejumlah titik lokasi di Kota Ambon. Salah satunya yakni long­sor yang mengakibatkan jalan utama menghubungkan se­­jum­lah desa di Kecamatan Leitimur Selatan, terputus.

Pan­tuan Rakyat Maluku titik longsor tersebut berada di di Desa Kilang Keca­matan Leitimur Selatan, meng­akibatkan warga yang bermukim di sekitar kawasan itu harus mengambil alternatif jalur lainnya jika hendak menuju Kota Ambon. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon, Demmy Paays, kepada warta­wan mengaku musibah longsor yang terjadi itu telah memutus akses transportasi antardesa dengan pusat Kota Ambon.

“Longsor terjadi karena hujan deras yang meng­guyur wilayah tersebut. Longsor itu membuat akses antardesa di Kecamatan Leitimur Selatan menuju kota Ambon terputus,”kata Demmy, kepada wartawan, Sabtu 19 Mei 2018.

Akibat musibah longsor tersebut, warga yang menggunakankendaraan roda dua maupun roda empat tidak bisa melintas di kawasan itu. Pasalnya kondisi jalan yang terputus sangatlah parah dan sulit untuk dilewati.

Sejumlah anggota polisi yang mendatangi lokasi bencana kemudian memasang tanda larangan berupa garis polisi di lokasi musibah. Polisi juga membantu warga dan anak-anak untuk melintasi kawasan tersebut.

Selain memutus akses jalan di Leitimur Selatan, hujan deras juga mengakibatkan terjadinya musibah longsor di kawasan Halong Baru, Ke­ca­matan Baguala Ambon. Dalam musibah itu, sebuah rumah warga mengalami kerusakan cukup parah. Demmy mengaku pihaknya telah berkoordinasi dengan instansi terkait lainnya untuk penanganan bencana,”Kita sudah koordinasikan dengan instansi terkait agar segera dilakukan penanganan,”ujarnya. (RIO)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top