AMBONESIA

Malteng Urutan Terbanyak Rumah Tidak Layak Huni

Ilustrasi

RakyatMaluku.com – DARI sebelas kabupaten/kota di Provinsi Maluku, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) terdata memiliki Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) yakni mencapai 8.972 buah rumah.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat Dan Permukiman Provinsi Maluku Kasrul Selang, menjelaskan bahwa rekapitulasi data rumah tangga miskin untuk sasaran program rumah tidak layak huni untuk Maluku totalnya 44.287 buah.

Dengan rincian 3.532 untuk Kabupaten Buru, 2.291 Kabupaten Buru Selatan, 5.403 Kabupaten Kepulauan Aru, 1.260 Kota Ambon, Kota Tual 838, 3.387 Kabupaten Maluku barat Daya, 2.383 Kabupaten Maluku Tenggara, 4.173 Kabupaten Maluku Tenggara Barat, 7.346 Kabupaten Seram Bagian Barat, 4.711 Kabupaten Seram Bagian Timur, serta Kabupaten Maluku Tenggah dengan jumlah rumah 8.972.

Sejauh ini, permasalahan yang dihadapi ungkap Selang, yakni tingginya pertumbuhan pendudukan tidak sebanding dengan jumlah rumah tinggal dan akibatkan tinggnya jumlah baclog. Kemudian juga masih banyak rumah di pedesaan maupun perkotaan yang tidak layak huni. “Belum optimalnya perencanaan pengembangan kawasan yang mengacu pada mitigasi bencana,” kata dia.

Dari pengamatannya, untuk Maluku bila dilihat dari sektor investasi suasta, maka harus diakui sangat lambat perkembangannya. Dengan demikian, diharapkan adanya titik-tituk pertumbuhan ekonomi baru. Dan hal ini harus dibuat oleh pemerintah. “Misalnya saja dengan adanya Jambatan Merah Putih, maka orang dari Poka sampai bandara, pertumbuhan ekonominya sangat cepat. Di mana banyak cafe yang dibangun.”

Menurut dia, untuk mencapai target bebas rumah kumuh di Maluku sesuai target pemerintah pusat, maka diperluhkan kerjasama antara pihak pemerintah juga suasta. Misalnya dari pihak suasta, diharapkan melalui dana CSR-nya bisa membantu pemerintah. (YAS)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top