OLAHRAGA

Maluku Sabet Tujuh Medali Di Hari Ke-3 Kejurnas Atletik 2018

RakyatMaluku.com – TERNYATA atletik masih menjadi cabang prioritas Maluku di event-event nasional. Alhasil, pada Kejuaraan Nasional Atletik Tahun 2018 di Jakarta, Maluku mampu merengkuh sejumlah medali melalui nomor perlombaan lari.

Sampai hari ketiga, Rabu (9/5) perhelatan Kejurnas Atletik di Stadion Madya, Jakarta, pelari-pelari Maluku mampu meraih 2 emas, 3 perak dan 2 perunggu.

                          Marla Sopacua

’’Terima kasih Tuhan karena sampai hari ke-3 Kejurnas Atletik 2018, Tim Atletik Maluku sudah memperoleh 2 medali emas, 3 perak dan 2 perunggu. Terima kasih anak-anak, perjuangan kalian luar biasa meski di dalam susah kalian tetap semangat dan tetap tampilkan yang terbaik,’’ tulis pelatih Tim Atletik Maluku Marla Sopacua di laman fesbuknya, Kamis (10/5) malam.

Sampai berita naik cetak Maluku masih menantikan hasil final seri lari 200 meter karena ada keikutsertaan Fandry Sopacua di perlombaan ini. ’’Mudah-mudahan Fandry bisa raih medali,’’ seru Marla.

Sementara itu, setelah mendominasi di hari pertama, kontingen Jawa Barat paceklik medali emas pada hari kedua Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Atletik U-18, U-20, dan Senior 2018, Selasa 8 Mei 2018. Dari enam nomor pertandingan yang diikuti, Jawa Barat hanya menambah satu medali emas saja.Satu-satunya emas tersebut disumbangkan oleh Umar Wira di nomor 400 meter senior.

Umar menghasilkan waktu tercepat dengan 48,46 detik atau lebih cepat 0,04 detik dari pelari Jawa Timur, Heru Astrianto yang menempati tempat kedua. Perunggu dihasilkan oleh pelari NTB Arif Rahman yang menghasilkan waktu 49,47 detik.

Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) akan menggelar Kejuaraan Nasional Atletik pada bulan Mei. Ajang itu sekaligus jadi seleksi atlet menuju Asian Games 2018.

Pada Asian Games 2018, cabang atletik akan mempertandingkan 48 nomor event. Dari jumlah tersebut, PASI hanya menurunkan 16 atlet yang tampil di 12 nomor.

Dalam Surat Keputusan (SK) Pelatnas, PASI telah menetapkan siapa saja atlet yang akan diturunkan, termasuk peraih medali emas SEA Games 2017 Malaysia yaitu Agus Prayogo, Atjong Tio Purwanto, Eki Febri Ekawati, Hendro Yap, dan Triyaningsih. Namun, SK masih bisa berubah melihat hasil dari Kejurnas Atletik 2018 nanti.”Siapa yang turun di Asian Games sebenarnya masih terbuka sampai entry by name,” kata Sekretaris Jenderal PASI Tigor Tanjung di Stadion Madya Senayan, Kamis (29/3/2018).

“Jadi walaupun nanti saat di Kejurnas ada yang mampu menyodok, semisal nomor relay, bisa saja diganti. Jadi kami melihat progres latihan dan uji coba dari setiap atletnya,” tambahnya.

Sebelum Kejurnas, PASI akan lebih dulu mengirim 13 atlet, khususnya nomor jarak pendek, untuk bertolak ke Amerika Serikat. Bersama pelatihnya, para atlet akan digembleng oleh maestro sapta lomba Harry Marra di Santa Barbara, California, pada 1 April mendatang. (ROS/NET)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top