GERBANG PENDIDIKAN

MAN 1 Malteng Lepas 126 Alumni 2018

10 Siswa yang ditetapkan sebagai lulusan terbaik program IPA dan IPS serta satu siswa ditetapkan sebagai peraih predikat cerdas berahlak.

RakyatMaluku.com – MADRASAH Aliyah Negeri (MAN) 1 Maluku Tengah di Tulehu, melepas sebanyak 126 alumni yang baru menamatkan pendidikannya ditahun 2018 ini. Acara Pelepasan berlangsung di Aula MAN 1 Maluku Tengah, dihadiri orang tua siswa, Kepala KUA Salahutu, Komite Sekolah dan Kepala MAN 1 Maluku Tengah, Sabtu Sabtu, 5 Mei.

Pelepasan 126 alumni tersebut dirangkaikan dengan penyerahan penghargaan madrasah kepada 5 siswa yang ditetapkan sebagai lulusan terbaik tahun 2018 dari program Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan 5 siswa lulusan terbaik program Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) serta pemberian penghargaan kepada siswa peraih predikat cerdas berahlak tahun 2018.

Para siswa yang namanya ditetapkan dalam Surat Keputusan Kepala Madrasah Negeri 1 Maluku Tengah itu antara lain, untuk program IPA siswa lulusan terbaik pertama atas nama Ainun Zaskia dengan jumlah nilai 1.591 atau nilai rata-rata 88,39. Siswa terbaik kedua Alifah Salsabila Mony, jumlah nilai 1.581, nilai rata-rata 87,83. Siswa terbaik ketiga atas nama Waode Mutia, jumlah nilai 1.577 dengan nilai rata-rata 87,61. Siswa terbaik keempat Salsa Dewiyanti Tawainella, 1.574 nilai rata-rata 87,44 siswa terbaik kelima Sigit Nugroho Wicaksono 1.572 nilai rata-rata 87,33.

Sementara siswa lulusan terbaik pertama program IPS atas nama Ali Farhan Laga dengan jumlah nilai 1.540, nilai rata-rata 85,56. Siswa terbaik kedua Siti Rahmi Pary, jumlah nilai 1.537, rata-rata 85,39.

Terbaik ketiga Aisyah Nahumarury 1.534, nilai rata-rata 85,22. Siswa terbaik keempat Winda Tinggapi 1.522, nilai rata-rata 84,56. Siswa terbaik kelima Abdillah, Jumlah nilai 1.521, nilai rata-rata 84,50 serta Morsal Samal, siswa peraih predikat Cerdas Berahlak tahun 2018.

Penyerahan penghargaan kepada 5 siswa terbaik program IPA dilakukan langsung Kepala MAN 1 Maluku Tengah, Nurdin Nur Marasabessy. Sementara penyerahan penghargaan kepada 5 siswa terbaik program IPS diserahkan langsung Ketua Komite Madrasah La Amin dan penyerahan penghargaan kepada siswa peraih predikat cerdas berahlak dilakukan Kepala KUA Kecamatan Salahutu. Penetapan siswa lulusan terbaik dan siswa peraih predikat cerdas berahlak itu sesuai dengan hasil rapat dewan guru pada tanggal 2 Mei.

Kepala MAN 1 Maluku Tengah, Nurdin Nur Marasabessy mengatakan, penghargaan yang diberikan kepada siswa lulusan terbaik dan peraih predikat cerdas berahlak merupakan bentuk apresiasi madrasah.”Dari sekian penghargaan yang kami berikan itu salah satunya adalah kategori siswa cerdas berahlak. Ini sejalan dengan moto MAN 1 Maluku Tengah Cerdas Berahlak. Mengapa demikian? sebab, belum tentu siswa yang pintar akademik memiliki kecerdasan ahlak. Sehingga yang ditetapkan sebagai peraih predikat tersebut adalah siswa yang benar-benar punya kecerdasan baik akademik maupun kecerdasan ahlaknya,”ujar Marasabessy.

Marasabessy berharap, acara pelepasan alumni tidak sekedar dijadikan momentum serimonial belaka. Tetapi bagaimana menanamkan kepada siswa bahwa hal-hal positif yang sudah diperoleh selama tiga tahun menapaki pendidikan di MAN 1 Malteng dapat diteruskan dalam perjalanan panjang kedepan.”Hari ini menjadi awal perjalanan kalian untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi atau berada dilingkungan kerja. Saya sangat berharap, apa yang sudah kalian dapatkan dimaknai, direspi dalam kehidupan sehingga menjadi lulusan terbaik dan generasi terbaik yang lahir dari perut lembaga Cerdas Berahlak ini,”harap Marasabessy.

Marasabessy menekankan, setiap warga madrasah harus punya tanggungjawab moril. Termasuk para alumni madrasah. Eksistensi sebagai siswa lulusan madrasah harus mampu diaktualisasikan dalam kehidupan untuk menjadi pembeda.

Sebab, madrasah berbeda dengan sekolah umum. Ada muatan lebih yang ditanamkan dalam proses pembelajaran semenjak dibangku madrasah.

Ingat yang membedakan madrasah dengan sekolah umum letaknya pada ahlak, harus seperti itu. Sehingga jika ada alumni yang berprilaku amburadul itu bukan madrasah melainkan oknum. Menjadi pembeda bukan berarti alumni sekolah umum tidak baik. Semua lembaga pendidikan punya tujuan sama mengajak dan mendidik anak anak menjadi cerdas dan memiliki kepribadian yang baik.

Dihadapan orang tua siswa Marasabessy mengungkapkan, hasil Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun ini cukup positif. Tentu hasil tersebut menepis keraguan orang tua terhadap pelaksanaan UNBK di Madrasah.

”Meskipun UNBK tahun pelajaran 2017/2018 pertama bagi MAN 1 Maluku Tengah dan satu-satunya sekolah pelaksana UNBK di Kecamatan Salahutu tetapi hasilnya positif sama baiknya dengan sekolah pelaksana Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP). Terbukti ada siswa madrasah yang memperoleh nilai Bahasa Indonesia 92. Nilai ini sangat tinggi untuk ukuran UNBK,”ungkapnya sembari meminta seluruh lapisan masyarakat terutama keluarga besar madrasah untuk mendukung setiap program sekolah kedepan.

Ketua Komite MAN 1 Malteng, La Amin dalam kesempatan sambutanya menyampaikan apresiasi atas kerja keras pihak madrasah mendorong pencapaian kualitas serta melahirkan lulusan yang cerdas dan berahlak.

”Satu hal yang menjadi kebanggan bagi kami orang tua adalah rutinitas lembaga membentengi anak anak didik melalui pelaksanaan Shalat Dhuha berjmaah dan Shalat wajib lainnya,”ujar La Amin.

Dirinya berharap para alumni MAN 1 Maluku Tengah dapat mengimplementasikan bekal ilmu akademik maupun ilmu agama yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari baik dilingkungan keluarga maupun lingkungan masyarakat meskipun telah meninggalkan madrasah ini.”Ini penting kepada kita semua terkhusus alumni. Ingat, selama tiga tahun di didik ada harapan besar kelak kalian menjadi pemimpin kalian menjadi panutan bagi masyarakat lain,”harapnya. (CIK)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top