HUKRIM

Mantan Gubernur Maluku Diperiksa

RAKYATMALUKU.COM – AMBON,- Kasus tukar guling lahan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Maluku dengan lahan milik Yayasan Poitech Hok Tong di Poka 2018 silam, berbuntut.


Mantan Gubernur Maluku, Said Assagaff bahkan dikabarkan telah diperiksa penyidik Polda Maluku.

Laporan dihimpun rakyatmaluku.com menyebutkan, mantan Wakil Gubernur Maluku itu diperiksa di Jakarta oleh Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditkrimsus) Polda Maluku, awal Agustus lalu.

Selanjut, Said Assagaff, yang juga mantan Sekda Maluku itu dicecar puluhan pertanyaan seputar tukar guling (Ruislag) dan berapa besar kompensasi dana yang diterima Provinsi Maluku, saat itu. “Pak Said Assagaff sudah diperiksa di Jakarta tiga minggu yang lalu,” kata sumber rakyatmaluku.com, di Polda yang meminta dirahasiakan namanya, Kamis, 27 Agustus 2020.

Selain mantan Gubernur, dia juga mengungkapkan, Jumat, 28 Agustus 2020, hari ini Ketua Komisi I DPRD Maluku, periode 2014-2019, Melkias Frans juga akan diperiksa.

Menurut dia, politisi Partai Demokrat itu sudah dipanggil untuk dimintai keterangannya beberapa waktu lalu. Tetapi, dia meminta agar jadwal pemeriksaannya diundur hingga Jumat, hari ini. “Besok (hari ini) pak Melkias Frans diperiksa. Sebelumnya dia sudah dipanggil, tapi tidak hadir dan dia minta diperiksa hari Jumat 28 Agustus 2020,” tambah dia.

Direktur Reserse Kriminal Polda Maluku (Dirkrimsus) Kombes Pol Eko Santoso, yang diminta tanggapannya terkait pemeriksaan Said Assagaff, enggan berkomentar. “Saya no comment,” kata dia singkat saat dihubungi Rakyat Maluku, kemarin.

Sementara mantan Gubernur Maluku, Said Assagaff yang coba dihubungi via ponselnya tidak berhasil. Ponsel milik mantan Ketua DPD Partai Golkar Maluku ini sedang berada di luar service area.

Informasi lain yang diterima, Melkias Frans diperiksa karena kapasitasnya menggodok pembahasan pelepasan aset tersebut di Komisi I hingga mendapat persetujuan DPRD.

“Masalah ruislag itu sudah dibahas dan mendapat persetujuan di DPRD. Bahkan, rapat-rapat di Komisi I dan paripurna dipimpin Pak RR (Richard Rahakbauw),” tambah sumber Rakyat Maluku di DPRD Provinsi Maluku. (*)


======================
--------------------

Berita Populer

To Top