NEWS UPDATE

Menyambut Pilgub Maluku, Hindari Agitasi Dan Intimidasi

RakyatMaluku.com – TINGGAL delapan hari lagi pemilihan gubernur (Pilgub) Maluku digelar yakni tanggal 27 Juni 2018. Menyambut pesta demokrasi lima tahunan tersebut warga Maluku dihimbau agar mengawal Pilgub ini dengan suka cita dengan cara menghindari money politic, intimidasi, agitasi, dan politik aliran berbau SARA.

“Jadi, kualitas Pilgub Maluku sangat ditentukan oleh rakyat Maluku sendiri. Sebab betapapun ketatnya pengawasan yang dilakukan oleh badan dan panitia pengawas namun elemen masyarakatlah yang menjadi penentu kualitas event demokrasi ini,” ujar Staf Pengajar Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Pattimura (Unpatti), Ambon, Dr. Amir Kotaromalus kepada rakyatmaluku.com, Selasa, 19 Juni 2018.

Mengutip pendapat ilmuwan politik Samuel Huntington, menurut Amir Kotaromalus, politik yang berkualitas bukanlah karena hasil yang ingin dicapai tapi seberapa besar proses politik yang dikawal.

“Nah, saya menghimbau kepada rakyat di Maluku agar mari kita sama-sama mengawal pesta demokrasi ini. Jangan sampai kita menjual daulat dan marwah demokrasi ini hanya dengan selembar rupiah,” ujarnya.

Dia mengajak agar membantu Bawaslu di Maluku dan memastikan Pilgub Maluku menjadi Pilgub yamg berkualitas di Indonesia.

“Pupuk kesadaran masyarakat melalui forum-forum pengawasan mandiri masyarakat. Perkuat peran Bawaslu dan Panwaslu serta jajarannya untuk memperkuat ketahanan pengawasan masyarakat,” ujarnya.

Melalui semboyan: Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Aturan Pemilu, itu dia mengajak kita harus memperkuat ketahanan.

“Sosialisasi oleh KPUD dan Bawaslu secara struktural telah dilakukan dengan baik dan sistematis. Namun segalanya kembali kepada rakyat sebagai pemegang daulat,” ujarnya. (IQI)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top